Indahnya Wisata Watu Gandul

Nganjuk, koranmemo.com-Bagi sebagian besar warga Nganjuk, nama Watu Gandul yang berada di wilayah Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk, tentu sudah tidak asing lagi. Selain terkenal sebagai objek wisata alam, Watu Gandul memiliki mitos sangat kuat yang dipercaya masyarakat setempat.

Tidak begitu sulit bagi pengunjung untuk mencapai lokasi Watu Gandul. Dari arah kota Nganjuk berjarak sekitar 15 kolometer arah utara. Lokasinya tepat berada di perbatasan  antara Kecamatan Gondang dengan Kecamatan Ngluyu.Sebelum memasuki lokasi Watu Gandul, pengunjung terlebih dahulu dimanjakan dengan panorama alam berupa hutan di sepanjang jalan yang berkelok-kelok. Lokasinya pun mudah dikenali dari kejauhan, sebelum masuk wilayah Ngluyu.

Di situ akan terlihat adanya bongkahan batu raksasa menempel tebing yang hanya ditopang dengan akar-akar pepohonan. Sehingga, batu tersebut terlihat menggantung atau gandul. Agar bisa mencapai lokasi batu yang menggantung, pengunjung dapat melewati pintu masuk, terus naik sekitar 200 meter dari jalan beraspal.

Biasanya oleh muda-mudi lokasi puncak Watu Gandul digunakan untuk ber-swafoto. Karena panorama alam yang ada di sini sangat indah. Bahkan, Watu Gandul dipercaya memiliki mitos yang begitu kuat, dan sangat melekat bagi masyarakat setempat.

Sepanjang jalan setapak menuju lokasi Watu Gandul, pendaki sudah bisa menikmati keindahan panorama alam di seluruh kota Nganjuk dari ketinggian gunung. Apalagi bila pendaki melanjutkan ke sebuah tumah pohon yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi Watu Gandul. Di sini pemandangan berupa panorama alam Kota Nganjuk kian tampak lebih indah dan jelas.

“Lumayan capek sih. Tapi kelelahan akibat mendaki puncak Watu Gandul bakal terbayar lunas setelah sampai di sini. Pengunjung bakal puas setelah beristirahat di atas rumah pohon sembari melihat indahnya Kota Nganjuk,” ujar Khoiri Nurhamidah, wisatawan asal Kabupaten Nganjuk.

Belum tuntas sampai di situ saja keindahan yang disuguhkan oleh Watu Gandul. Setelah turun dari puncaknya, pengunjung dapat menikmati objek wisata yang ada di bawahnya. Wisatawan dapat bersantai ria sembari menikmati minuman segar berupa kelapa muda.

Reporter: Andik Sukaca
Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date