Indahnya Gua Kristal di Kota Kupang. Ingin Berkunjung?

Koranmemo.com – Jika berkesempatan berkunjung ke Kota Kupang, maka salah satu lokasi yang wajib Anda kunjungi adalah Gua Kristal.  Meskipun bernama Gua Kristal, bukan berarti Anda akan disuguhi oleh kristal-kristal di dinding gua.  Sebagai gantinya, pengunjung dapat menikmati kolam alami dengan air sejernih kristal.

Lokasi Wisata ini sangat dekat dengan Kota Kupang.  Hanya memerlukan waktu tempuh 30 menit dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan mobil.  Pengunjung tidak perlu kebingungan akan akses atau petunjuk jalan menuju lokasi gua tersebut.

Jika memulai perjalanan dari arah Kota Kupang pengunjung cukup mengambil arah menuju pelabuhan bolok karena lokasi sangat berdekatan dengan Pos Polisi Air Pelabuhan Bolok dan sesampainya di sana pengunjung bisa menaruh kendaraannya di dekat Pos Polisi Air Bolok lalu berjalan kaki kira-kira 500 meter untuk sampai ke bibir gua.

Untuk berkunjung kesana ada baiknya datang pada siang hari atau pukul 11.00 WITA karena sinar matahari yang menerobos celah-celah gua membuat pemandangan yang jarang terlihat. Dan disarankan bagi pengunjung untuk membawa senter karena tidak banyak cahaya masuk dan jalan cukup menurun dan licin.

Bagi pengunjung yang ingin menggunakan jasa pemandu pengunjung bisa menemuinya yang berada disekitaran lokasi. Jadi bagi pengunjung yang penasaran dengan wisata Kota Kupang, Gua Kristal ini bisa menjadi tambahan daftar tujuan Anda ketika berlibur ke Kupang.

Pengunjung tidak dipungut biaya masuk untuk menuju lokasi gua ini. Namun bagi pengunjung yang hendak menggunakan jasa pemandu untuk mengantarkan hingga ke lokasi, dapat membayar seikhlasnya saja.

Tidak terdapat fasilitas penunjang apapun di sekitar lokasi. Sebaiknya pengunjung membawa bekal makanan dan minuman ringan sebelumnya.

Sebelum memasuki gua, pengunjung harus membawa senter, sepatu yang memadai, serta jangan turun sendirian. Karena bebatuannya terbilang licin, turunannya terjal, dan juga gelap. Di dalam gua minim penerangan dan bebatuannya terbilang tajam, sehingga bisa dibilang rintangan yang dilewati cukup ekstrem. Jarak dari bibir gua sampai dasar gua sekitar 14 meter.

Sesampai di dasar gua, pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan yang menakjubkan. Kolam air yang jernih seperti permata mengundang Anda untuk menyelam dan menikmati kolam alami ini. Kedalamannya cukup bervariasi, bisa mencapai 6 meter.

Airnya terasa menyejukkan, terutama di tengah suhu Kota Kupang yang terbilang panas. Yang perlu diingat, jangan terlalu terlena dengan keindahan Gua Kristal. Karena, menurut penduduk setempat, debit air akan meningkat saat hujan deras.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Gua Kristal adalah pukul 11.00 waktu setempat. Mengapa? Karena pada waktu tersebut matahari berada di posisi terbaik untuk menyinari kolam, sehingga Anda dapat menikmati sisi terbaik dari Gua Kristal.

Editor:  Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date