Hujan Lebat: 4 Desa Dilanda Banjir, Ketinggian Air 2 Meter

Jombang, koranmemo.com – Hujan lebat mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Jombang, Selasa (19/12) sore hingga malam hari mengakibatkan meluapnya Sungai Pancir yang ada di Kecamatan Mojoagung sehingga terjadi banjir.

Pantauan koranmemo.com banjir terjadi di Dusun Kebondalem Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung. Ketinggian air pada Selasa malam mencapai pinggang orang dewasa. Bahkan hingga Rabu (20/12) ketinggian air masih selutut orang dewasa.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang Ahmad Saiful Jabara mengatakan, pihaknya telah melakukan penyisiran ke rumah warga terdampak untuk proses evakuasi.

“Di Kecamatan Mojoagung ada empat desa yang terdampak. Namun terparah di sini (Desa Kademangan),” kata Jabara kepada wartawan di lokasi, Rabu (20/12).

Dijelaskannya, banjir di Desa Kademangan sempat mencapai dua meter. Ini diketahui saat pihaknya melakukan penelusuran ke Dusun Kebondalem dan Dusun Pakunden Desa Kademangan. “Terparah di Dusun Pakunden yang mencapai tinggi 1,5 meter hingga 2 meter,” ungkap Jabara.

Untuk warga terdampak banjir menurut Jabara sementara dievakuasi ke Balai Desa Kademangan. Sedangkan sebagian lagi memilih ke tempat tinggal kerabat yang relatif aman dari banjir. “Untuk evakuasi warga ke tempat yang aman dulu seperti balai desa dan rumah kerabat,” tandasnya.

Jabara juga memastikan, pihaknya terus melakukan monitoring serta menerapkan rapid Assesment (pendugaan cepat) serta menurunkan 2 perahu karet ke lokasi banjir. “Monitoring ketinggian banjir dan evakuasi warga menjadi fokus kami,” pungkasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.