Hujan Es Disusul Puting Beliung

Nglegok Porak Poranda

Blitar, koranmemo.com – Hujan deras disertai angin kencang memporak-porandakan hampir seluruh lingkungan di Dusun Nglegok RT 03 / RW 01 Desa Nglegok Kecamatan Nglegok , Senin (14/11) sore kemarin. Hampir seluruh fasilitas umum yang ada di lokasi tersebut rusak. Fasum yang rusak diantaranya gedung SMKN 1 Nglegok, gedung Madrasah Aliyah Syeh Subakir, dan kios di pasar desa setempat. Selain itu, sedikitnya 50 rumah warga juga mengalami kerusakan terutama di bagian genteng akibat tertimpa pohon.

Menurut keterangan warga, angin puting beliung terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Sebelumnya hujan es sempat turun sebesar kerikil. “Suaranya bergemuruh dan anginnya berputar-putar,dari arah utara ke selatan dan berlangsung kurang lebih 4 menit,” ujar Samsudin (35) warga setempat.

Sementara itu BPBD Kabupaten Blitar belum bisa memastikan total rumah warga yang rusak,baik perkantoran maupun sarana prasarana umum. “Kami masih mendata rumah yang terkena musibah,kerugian juga masih belum bisa ditafsir,” terang Heru Irawan, Kepala BPBD Kabupaten Blitar.

Dia menuturkan, rumah yang rusak ada di diwilayah Kecamatan Nglegok,namun juga ada di Desa Kendalrejo Kecamatan Talun dan wilayah Kecamatan Srengat. Kebanyakan rumah yang ambruk ini karena bahan untuk membuat rumah dari kayu. “Orangnya selamat, karena sudah antisipasi terlebih dahulu,” ujarnya.

Sampai saat ini pihak kepolisian beserta BPBD terus melakukan pendataan dan evakuasi terhadap warga yang rumahnya tertimpa pohon,selain itu beberapa akses jalan yang pohon besar tumbang juga sudah dibersihkan sehingga akses jalan tidak ada masalah.

Sampai saat ini listrik di lokasi puting beliung masih padam masih dan hujan masih belum reda.(rif)

 

Follow Untuk Berita Up to Date