Hujan Deras, Tanggul Penahan Tanah Ambrol

Nganjuk, koranmemo.com – Sebuah tembok penahan tanah (TPT) di Dusun Pathuk Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk ambrol setelah diguyur hujan deras. Akibatnya, material tembok penahan tanah menutupi sebagian areal persawahan di dusun tersebut.

Danramil 0810/18 Ngetos, Kapten Inf Prayitno yang meninjau langsung ke lokasi menuturkan, kejadian ambruknya tembok penahan tanah yang menutup sebagian areal persawahan di bawahnya di Dusun Pathuk terjadi pada Minggu (10/2) malam. Diduga TPT tidak lagi kuat menahan tanah labil yang terus digerus hujan deras yang turun minggu malam.

“Kejadian tadi malam, langsung ambruk begitu saja, karena tergerus air hujan deras,” kata Kapten Prayitno di lokasi kejadian, Senin (11/2).

Dikatakan, jalan yang ambrol sepanjang 18 meter dan lebar 3 meter merupakan jalan penghubung antar Desa Ngetos dengan Desa Suru Kecamatan Ngetos.

Guna menghindari bahaya yang dapat ditimbulkan dari longsornya penahan jalan, anggota Koramil Ngetos bersama Tagana dan masyarakat memberi tanda bahaya longsor berupa tali rafia mengelilingi lokasi ambrolnya tanggul.

“Sambil menunggu perbaikan yang rencananya akan dilasanakan selepas pelaksanaan Pilkades di desa setempat,” pungkasnya.

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date