Hip Hop Marakkan Keraton Sumenep

Sumenep, koranmemo.com – Pertama kalinya Institut Francais Indonesia (IFI) Surabaya beranjangsana ke Pulau Madura dengan mengundang duo tari hip-hop,  French Wingz, yang berkolaborasi dengan seniman tari dan musik dari Kabupaten Sumenep.

Lebih istimewanya lagi, acara ini bekerjasama dengan Kabupaten Sumenep, daerah yang sedang menjadi destinasi utama wisata Jawa Timur 2018 (Visit Sumenep) dengan slogan The Soul of Madura.

Kolaborasi seni juga didukung komunitas pencak silat dari Sumenep serta musisi Jawa Timur. Titel acara Labâng Mèsem Le Spectacle 2018 : Silaturahmi Dua Budaya (Rencontre de deux cultures).

Gelarannya di depan Labâng Mésem, nama pintu gerbang Keraton Sumenep, pada Rabu (2/5) malam dan berlangsung meriah dan sukses. Dua penari Prancis yang tampil atraktif, menjadi hgiburan baru bagi warga Pulau Garam.

“Penontonnya diperkirakan mencapai 700 orang dengan formasi melingkari panggung. Mereka ini ada juga yang dari luar Madura. Termasuk Perwakilan dari Bojonegoro dan Disbudpar Provinsi Jatim),” kata Penanggung Jawab Kebudayaan dan Komunikasi IFI Surabaya, Pramenda Krishna A, Minggu (6/5).

Bupati Sumenep A. Busyro Karim beserta istri dan Wakilnya juga hadir. Dari Surabaya Direktur IFI, Benoit Bavouset hadir dengan berkostum batik yang kemudian bertukar cinderamata dengan Bupati di awal acara.

French Wingz yang terdiri dari duo penari hip-hop, Archad (Archade Ali) dan Crackers (Stevens  Tailiasson). Mereka merupakan finalis ajang pencarian bakat Got to Dance di Jerman dan finalis Incroyable Talent di stasiun TV Prancis M6.

Archad yang spesialis break dance dan hip hop telah memiliki karir internasional dan bekerja sama dengan sejumlah merk ternama sementara Stevens alias Crackers, jago akrobatik dan punya pengalaman bekerja di komunitas sirkus dan komedi musikal di berbagai tempat di Prancis. Dari Champs-Elysées di Paris sampai Times Square di New York, “duo invertebrata” yang identik dengan koreografi akrobatik ini membawa sentuhan Prancis melalui sebuah bahasa universal yaitu tari hip hop.

French Wingz pertama kali tampil di Indonesia pada 25 Januari 2018 dalam rangkaian acara Malam Berbagi Ide (La Nuit des Idees) di Jakarta. Dalam tur di Indonesia kali ini, French Wingz mengunjungi tak hanya Jakarta tetapi juga Medan, Yogyakarta, Madura dan Bali serta berkolaborasi dengan seniman Indonesia.

French Wingz menampilkan pertunjukan tarian dengan gaya street dance dengan sentuhan Prancis. Archad dan Crackers  secara tak sengaja bertemu pada tahun 2008, ketika berkompetisi di Paris.

Editor: Gimo Hadiwibowo

Follow Untuk Berita Up to Date