Hilangkan Kesan Kota Teroris, Lapas Gelar Safari Ramadan

Lamongan, koranmemo.com – Agenda rutin Safari Ramadan di bulan penuh hikmah gencar dilakukan oleh Dr. Susi Susilowati, SH.,MH  Kepala Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Jawa Timur di jajaran Korwil (koordinator wilayah) Bojonegoro.

Sebagai tuan rumah, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Lamongan,  turut mengundang berbagai elemen masyarakat serta jajaran Forpimda untuk berbuka puasa bersama.

Selain meningkatkan silaturahmi dan menjalin sinergitas berbagai pihak, kegiatan itu sangat diapresiasi Wakil Bupati, Kartika Hidayati mewakili Bupati Fadeli.

Menurutnya, dalam kesempatan seperti ini peranan Lembaga Pemasyarakatan sangatlah dominan untuk membentuk kenyamanan bagi penghuninya. Apalagi, saat ini lagi musim istilah teroris di mana-mana.

“Setahu saya, tempat seperti ini namanya penjara dan itu istilah yang sangat menakutkan. Kalau sekarang kan lebih dikenal pengayom, jadi, bagaimanapun itu harus bisa memberi kenyamanan bagi penghuninya,” jelas Kartika.

Meski wilayah Lamongan terbesit sebagai tempat teroris, akan tetapi itu sudah tidak berlaku untuk saat ini, sebab, semua masyarakatnya sudah cerdas, sehingga Lamongan aman dan nyaman.

Apalagi, berbagai program sudah digalakkan Bupati Fadeli. Termasuk gerakan 1821 yang terfokus pada pendekatan keluarga antara suami istri dan anak dikala waktu tertentu ikatan batin dan komunikasi harus terus dibina.

Disamping itu, bukti lain bahwa masyarakat Lamongan cerdas yakni, bisa maksimal dalam budidaya padi maupun jagung sehingga Lamongan dikenal sebagai lumbung pangan oleh Kementrian Pertanian.

“Kami ingin, melalui kegiatan ini, semua anggota Lapas harus didata, karena jaminan kesehatan warga di dalam tanggung jawab pemerintah juga,” janji Kartika.

Ditambahkannya, Lapas harus bekerjasama dengan Disdukcapil untuk menyelesaikan pendataan termasuk BPJS. “Jika ada warga Lapas yang sakit, akan diberikan pengobatan yang nyaman. Karena semua penghuni, warga kita juga,” jelasnya.

Sementara, Kalapas Kelas II B Lamongan, Ignatius, Bc.IP.,S.Sos kepada awak media mengatakan bahwa Safari Ramadan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi se-Korwil Bojonegoro serta jajaran Forpimda Kabupaten Lamongan.

“Agenda ini rutin dilakukan di bulan Ramadan. Untuk agendanya kita mengikuti dari Kakanwil dan itu sudah tercatat di Korwil Jawa Timur,” ujar Ignatius, Selasa (29/5/2018) sore.

Dalam kesempatan ini, beberapa Kalapas se-Korwil Bojonegoro juga turut hadir diantaranya Kalapas Bojonegoro, Tuban, Mojokerto, Jombang, Ka Rubasan Mojokerto, Ka Rubasan Jombang serta Bapas Jombang.

Reporter: Fariz Fahyu

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date