HET Tiga Sembako Belum Berlaku di Madiun

Madiun, Koran memo.com-Pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) tiga jenis sembako yakni gula, minyak dan daging beku. Namun aturan tersebut belum berlaku di Kabupaten Madiun.

“Kita belum menerima secara resmi surat edaran dari Menteri Perdagangan terkait penetapan HET komoditi gula, minyak dan daging,” ujar Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Madiun Agus Soejudi, Sabtu (6/5).

HET tiga jenis sembako mulai ditetapkan pemerintah pusat pada 10 April 2017 untuk peritel modern. Gula pasir Rp 12.500 per kilogram, minyak goreng curah Rp 11 ribu per liter, dan daging sapi beku Rp 80 ribu per kilogram.

Sedangkan kondisi di wilayah Kabupaten Madiun, jelasnya, saat ini baru dua komoditi yang sesuai ketentuan HET, yakni gula dan minyak goreng. Untuk harga daging sapi, mencapai Rp. 110 ribu perkiilogram.

“Daging sapi diatas HET karena yang dijual dipasaran merupakan daging sapi lokal, bukan daging sapi impor sesuai ketetapan HET, sehingga kita tidak bisa menstabilkan,” ujarnya.

Setibanya surat edaran HET tersebut, ia berjanji satu minggu sebelum puasa Ramadhan nanti, pihaknya akan melakukan inspeksi mendadak sekaligus sosialisasi. “Kami juga berharap agar penetapan HET gula ini dapat membantu masyarakat,” ujarnya.

Reporter : Hendri Wahyuwijaya

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.