Hari Terakhir Pendaftaran, Masih Tujuh Parpol Dinyatakan Lengkap

Jombang, koranmemo.com – Tahapan demi tahapan pendaftaran partai politik untuk menjadi peserta pemilihan umum (pemilu) 2019 terus dilakukan. Salah satunya tahapan penerimaan kelengkapan dokumen kepesertaan pemilu.

Hanya saja, hingga pukul 12.00 WIB di hari terakhir penerimaan pada Senin (16/10), masih tujuh partai politik yang dinyatakan lengkap dokumen dan sudah menerima tanda bukti penerimaan dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jombang.

“Tahapan penerimaan kelengkapan dokumen kepesertaan dibuka sejak 3 Oktober 2017 dan akan ditutup 16 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB,” kata Atoillah, Komisioner KPU Divisi Hukum kepada wartawan.

Tujuh parpol yang dinyatakan lengkap dokumen yakni Partai Berkarya, Perindo (Partai Partai Persatuan Indonesia), PKS (Partai Keadilan Sejahtera), NasDem (Nasional Demokrat), PSI (Partai Solidaritas Indonesia), Hanura (Hati Nurani Rakyat) dan Golkar.

“Yang dilengkapi terdiri dari Kartu Tanda Anggota Partai Politik (KTA), KTP-el atau dokumentasi yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat serta daftar nama dan alamat anggota parpol,” ujarnya.

Lalu bagaimana jika ada parpol yang hingga batas waktu belum bisa memenuhi kelengkapan dokumen?Atoillah menyebut pihaknya akan membuat laporan ke KPU Pusat. “Kita hanya membuat laporan saja. Misalnya parpol yang tidak melengkapi Partai A misalnya. Ya itu kita laporkan,” ujarnya.

Sementara, Rofuad, Sekretaris DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jombang, mengaku bersyukur kelengkapan dokumen yang dibawa ke KPUD Jombang sudah dinyatakan lengkap.

“Kami dari awal memang sudah menyiapkan dokumen yang diperlukan sehingga hari iki kami sudah menerima tanda bukti penerimaan dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jombang. Kita siap mengikuti tahapan selanjutnya agar bisa menjadi peserta Pemilu 2019,” ungkapnya.

Kendati sebagai partai baru, Rofuad berani memasang target PSI memperolehan 5 kursi dalam pemilu mendatang. “Kami menargetkan 5 kursi nanti (pemilu),” tandasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.