Hari Primata Nasional Kenalkan 3 Bayi Primata Eksotik

Share this :

Batu, koranmemo.com – Tiga bayi primata eksotik dikenalkan Batu Secret Zoo, Jatim Park 2 dalam rangka memperingati Hari Primata Nasional setiap tanggal 30 Januari kepada wisatawan, Selasa (30/1). Ketiga jenis bayi hewan primata tersebut yakni Squirel Monkey, Ring Tailed Lemur, dan Baboon.

Prista Dwi Restanti, Dokter Hewan Batu Secret Zoo mengungkapkan, dengan lahirnya tiga bayi primata tersebut, Batu Secret Zoo berhasil dalam mengembangbiakkan satwa-satwa unik dan lucu tersebut.

Ini menambah koleksi primata yang ada di kebun binatang terbaik se-Asia versi Tripadvisor ini. Semula jenis Baboon yang sebelumnya hanya ada dua ekor kini menjadi 3 ekor. Diusianya yang ke-11 tahun hewan langka ini baru bisa melahirkan satu anak setelah mengandung selama enam bulan.

“Kami sangat bersyukur, dapat mengembangbiakkan hewan ini dan akhirnya sukses hingga baboon ini bisa melahirkan. Sebab sudah lama sejak ada di sini pertama kali ini melahirkan,” ujarnya.

Selain itu Ring Tailed Lemur sebelumnya ada delapan ekor bertambah menjadi 9 ekor. Mereka adalah hewan asli dari Madagaskar. Mereka lahir tepat diakhir di bulan Januari seperti Squirel Monkey pada 25 Januari, Ring Tailed Lemur pada 25 Januari dano baboon pada 19 Januari.

Lahirnya bayi mungil itu menambah koleksi satwa di Batu Secret Zoo. “Ketiga jenis bayi hewan mungil ini lahir setelah melalui masa kehamilan kurang lebih lima sampai enam bulan,” jelasnya.

Sementara untuk perawatan bayi-bayi hewan itu juga sudah dilakukan mulai observasi, pemberian vitamin, kalsium hingga vaksinasi dan pengobatan cacing.

Hamdani, salah satu pengunjung Batu Secret Zoo, Jatim Park 2 mengatakan, bahwa dia turut senang karena primata-primata tersebut dapat berkembang biak dengan baik. Harapannya hewan-hewan langka asli Indonesia juga dapat berkembang biak dan semakin banyak populasinya. “Bayi-bayinya juga lucu-lucu, jadi senang melihatnya, menggemaskan,” pungkasnya.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz