Hari Pertama UNBK SMK, Siswa Absen karena Kecelakaan

Kediri, koranmemo,com – Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (2/4). Pada pelaksanaan hari pertama tersebut, dari Kabupaten dan Kota Kediri sudah ada murid yang tidak mengikuti ujian.

Kasi Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kediri, Sidik Purnomo mengatakan, pelaksanaan UNBK pada hari pertama diikuti sekitar 17 ribu murid SMK di Kabupaten dan Kota Kediri. Belasan ribu yang terbagi dalam 70 sekolah negeri dan swasta tersebut terdapat 1 murid yang harus absen karena mengalami kecelakaan lalu lintas satu hari menjelang pelaksanaan UNBK.

“Awalnya dua siswa, tapi yang satu siswa ternyata bisa dipaksakan untuk ikut walaupun tetap diawasi orangtuanya. Yang satu siswa lagi hari ini tidak mengikuti karena kecelakaan lalu lintas yang membuat pihak rumah sakit tidak memberikan rekomendasi untuk mengikuti UNBK hari ini,” ujarnya.

Kecuali siswa tersebut tidak ada siswa lainnya yang absen dari pelaksanaan UNBK pada hari pertama. Sidik juga bersyukur tidak ada siswa yang menjadi tahanan karena melakukan tindak kejahatan, sehingga pada hari pertama dipastikan cukup lancar pelaksanaan UNBK di Kota Kediri dan dan Kabupaten Kediri. Lebih lanjut, bagi siswa yang tidak mengikuti UNBK pada hari ini bisa mengikuti ujian susulan yang akan dilaksanakan pada 17 April nanti.

“Nanti bisa ikut ujian susulan 17 April, sejauh ini semuanya aman tidak ada kendala. Karena kita sudah koordinasi dengan pihak PLN terkait gangguan listrik, sehingga bisa dipastikan tidak ada gangguan pada listrik padam waktu pelaksanaan ujian,” tandasnya.

Untuk diketahui, UNBK pada hari pertama ini mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia. UNBK masih berlangsung selama 3 hari kedepan dengan setiap satu hari satu mata pelajaran. Sedangkan, untuk UNBK SMA dan MA masih akan berlangsung pada minggu depan.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date