Hari Perempuan se-Dunia, KOPRI Jombang Desak Polisi Mengusut Tuntas “Begal” Payudara

Jombang, koranmemo.com – Hari perempuan se dunia yang diperingati tiap tanggal 8 Maret, digunakan sejumlah aktivis mahasiswi yang tergabung dalam Korp PMII Putri (KOPRI) Jombang, untuk menggelar aksi damai menyoroti angka kekerasan terhadap perempuan di kota setempat.

Dalam aksi yang digelar di simpang empat taman Kebonrojo di Jalan KH Wahid Hasyim Jombang Jumat (8/3), para aktivis juga membawa beberapa spanduk dan megaphone. Mereka kemudian menyuarakan tuntutannya.

Koordinator aksi, Imroatus Sholihah mengatakan kekerasan seksual di Jombang sudah meresahkan. Melihat data kelompok aktivis perempuan WCC (Women’s Crisis Center) Jombang, tercatat pada 2017 ada 62 kasus kekerasan dengan rincian 43 kasus kekerasan seksual dan 19 kasus KDRT. Lalu pada 2018, terjadi kenaikan 29,3 persen.

“Yang paling meresahkan baru baru ini adalah kasus ‘begal’ payudara yang menyasar sejumlah perempuan termasuk mahasiswi, yang viral di media sosial. Ini sangat miris karena terjadi di Jombang,’’ kata Imroatus, Jumat (8/3).

Berbicara kasus begal payudara, lanjut dia, sebenarnya merupakan isu lama yang tak kunjung terungkap. “Mereka umumnya sering diraba oleh seseorang ketika melintas di jalan yang sepi. Salah satu teman saya ada yang pernah menjadi korban saat melintas di jalan Sumbermulyo Jogoroto. Bahkan tahun lalu di Ngoro juga pernah terjadi namun tidak pernah terungkap,’’ sambung perempuan yang juga Ketua KOPRI PMII Jombang.

Pada kasus tersebut, Imroatus menilai pihak kepolisian tidak tanggap dalam menyikapi adanya begal payudara di Jombang. Sikap dingin kepolisian yang dinilai Imroatus itulah yang mendorong KORP PMII Jombang untuk turun aksi menyuarakan lemahnya penindakan pelecehan seksual di kota santri.

“Kepada pihak-pihak yang berwajib memberikan ketegasan untuk usut tuntas kasus pembegalan payudara di Jombang,” tegasnya.

Selain kasus begal payudara, KORP PMII Jombang ini juga mendorong pemblokiran situs-situs pornografi.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date