Hari ke-2 UNBK, Ditemukan Satu Soal Bermasalah

Jombang, koranmemo.com – Hari ke dua pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kabupaten Jombang, dengan mata pelajaran Matematika, sedikit tersendat. Ini setelah ditemukan satu soal yang bermasalah sehingga dikeluhkan siswa.

“Soal grafik statistik, tadi sampai sekarang gak bisa dikerjakan sehingga kami laporkan ke pengawas,” kata Rehan salah satu siswa peserta UNBK, Selasa (10/4).

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Jombang, Setiajit, saat memantau pelaksanaan UNBK, di sejumlah sekolah menuturkan, siswa siswi yang melaksanakan UNBK ini tidak mengalami kesulitan, karena sudah memiliki persiapan yang matang.

“Saya melihat bahwa di tiga sekolah yakni di SMA 1, 2 dan 3, anak-anaknya luar biasa dan tidak menemukan kesulitan,” ungkap Setiajit pada sejumlah awak media.

Masih menurut Setiajit, dari 26 SMA Negeri dan 35 SMA swasta, yang melaksanakan UNBK, terdapat 9.494, pelajar yang mengikuti ujian tersebut.

“Mereka semua sudah pernah mengikuti Try Out, beberapa kali. Soalnya memang sulit, bayangkan 40 soal mereka mampu menyelesaikan dalam dua jam, itu sungguh luar biasa,” ujarnya.

Disinggung mengenai adanya temuan soal bermasalah, Setiajit menyatakan dari pemeriksaan salah satu pengawas, diketahui bahwa soal tersebut memang salah.

“Menurut saya kalau anak-anak bisa menilai bahwa soalnya salah, berarti dia memahami pelajaran Matematika dengan baik. Selain itu secara umum semua sekolah persiapannya sudah bagus, bahkan dalam mengantisipasi gangguan listrik, pihak sekolah juga menyediakan genset,” tandasnya.

Reporter : Agung Pamungkas

Editor      : Muji Hartono

Follow Untuk Berita Up to Date