Harga Sayur Normal, Bawang Putih Masih Mahal

Kediri, koranmemo.com – Hampir sepekan pasca Lebaran, harga komoditas sayur di pasar tradisional Kota Kediri kembali normal. Seperti harga cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan kubis, secara bertahap menurun. Meskipun demikian, para pedagang menilai harga bawang putih masih cukup mahal jika dibandingkan dengan harga normal.

Harga bawang putih saat ini berkisar antara Rp 34.000 per kilogram, untuk bawang putih jenis kating berkisar Rp 36.000 sampai Rp 38.000 per kilogram. “Kalau dibandingkan dengan sebelum lebaran memang menurun. Bahkan dulu satu kilogram dijual dengan harga Rp 50.000 sampai Rp 60.000. Sempat turun juga, karena ada operasi pasar yang menjual bawang Rp 20.000 per kilogram,” tutur salah satu pedagang di Pasar Setono Betek Kota Kediri, Sujono (55), Rabu (12/6).

Menurut Sujono, harga bawang putih cenderung naik meskipun tidak seperti bulan Ramadan, karena setelah ada operasi pasar sempat turun sampai Rp 30.000 per kilogram. Meskipun ada kenaikan harga, ia mengaku tidak mempengaruhi jumlah penjualan. Terlebih lagi mendekati musim mudik, ada pembatasan mobilitas armada angkutan barang.

Dengan adanya pembatasan tersebut, pasokan dari luar daerah juga turut berkurang. Jika ada barang dari tengkulak, harganya pun sudah meningkat sehingga pedagang menyesuaikan harga dari tengkulak supaya tidak mengalami kerugian. Kini, pasokan dari luar daerah juga sudah kembali normal.

Sementara itu, untuk harga bawang merah turun menjadi Rp 26.000 per kilogram, sebelumnya bertahan pada angka Rp 28.000 per kilogram. Bahkan, harga cabai merah pun sempat melonjak menyentuh angka Rp 60.000 per kilogram. Namun sekarang harga cabai kembali turun menjadi Rp 32.000 per kilogram.

Pedasnya harga cabai tidak hanya pada jenis cabai merah, cabai rawit pun mengalami kenaikan harga menjadi Rp 40.000 per kilogram pada saat bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. “Selain pasokan berkurang, ternyata petani juga tidak panen. Beberapa tengkulak juga mengalami kesulitan saat mencari barang. Sekarang harga cabai rawit berkisar Rp 12.000 per kilogram,” sahut Sujono.

Selain harga empat jenis sayuran tersebut, komoditas sayur yang lain juga mengalami penurunan harga. Seperti harga wortel yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 12.000 sampai Rp 16.000 per kilogram, sekarang turun menjadi Rp 10.000 per kilogram. “Sudah turun, meskipun masih ada beberapa kegiatan adat, tapi harga sudah normal,” ucap Sriati (60), salah satu pedagang sayur di Pasar Pahing Kota Kediri.

Untuk harga kubis dan mentimun juga turun, lanjutnya, kalau harga kubis Rp 8.000 per kilogram. Padahal, sebelumnya harga kubis mencapai Rp 14.000 per kilogram, dan harga mentimun kembali normal menjadi Rp 4.000 per kilogram yang sebelumnya mencapai Rp 8.000 per kilogram.

Reporterr : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date