Harga Pangan Masih Stabil

Kediri, koranmemo.com – Sudah satu minggu dalam Desember ini, harga kebutuhan pokok di Kota Kediri masih terpantau stabil dan tidak ada lonjakan harga pada beberapa komoditas pangan. Ini dikeranakan adanya Operasi Pasar Murni (OPM) yang diadakan Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pedagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri dari Senin (3/12) kemarin.

Terpantau di pasar beras kualitas medium masih berada di kisaran harga Rp 10.750 per kilogram. Sementara pada beras kualitas super masih stabil di kisaran Rp 10.950 sampai Rp 10.450 per kilogram. Sementara minyak goreng masih berada di kisaran harga Rp 13 ribu perkemasan. Dan gula pasir dipasaran berkisar Rp 10.000 per kilogram

Komoditas-komoditas diatas merupakan bahan makanan yang dijual pada OPM yang dilaksanakan di masing-masing kelurahan di Kota Kediri. Ada 3 Kelurahan pada tiap kecamatan yang membuka OPM setiap hari dari Senin (3/12) hingga Jumat (21/12). OPM dilaksanakan selama 16 hari agar harga pangan tetap stabil pada akhir tahun nanti.

Dari komoditas pangan yang dijual di OPM, harga telur ayam belum terlihat masih belum stabil pada dari awal bulan kemarin. Di pasaran harga telur dijual dengan harga Rp 24.500 sampai Rp 24.750 perkilogram. Hal tersebut dikarenakan banyaknya permintaan untuk membuat roti pada awal bulan ini. Diperkirakan pada pertengahan Desember nanti harga telur akan berangsur membaik.

Apip Permana Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Kediri mengatakan OPM akan meredam kenaikan harga pada libur Natal dan Tahun Baru. “Semua komoditas dijual di bawah harga pasar pasti harga pangan akan tetap stabil,” tukasnya.

Adapun pada OPM Pemkot Kediri menyediakan beras sebanyak 150 kemasan beras isi 5 kilogram pertempat, perhari, dengan harga Rp 46.500 perkilogram. Lalu minyak goreng kemasan 900 miligram sebanyak 384 kemasan dijual dengan harga Rp 8.000 per kemasan.

Sedangkan untuk gula, disediakan 500 kilogram di masing-masing tempat per harinya dengan hagra Rp 8.500 per kilogram. Terakhir untuk komoditas telur disediakan 200 kilogram per harinya, harga memang tidak dicantumkan pada sosialisasi karena sewaktu-waktu harga bisa berubah. Tapi pada minggu ini di OPM telur dijual dengan harga Rp 21.000 per kilogramnya.

Plt Kepala Barenlitbang Kota Kediri, Edy Darmasto, sekaligus sekretaris TPID Kota Kediri mengatakan inflasi di Kota Kediri masih bisa ditekan dengan beberapa program salah satunya OPM ini. “Kami optimis bisa bisa menekan harga infasli karena kami melaksanakan OPM di akhir tahun,” tutupnya.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date