Harga Cabai Bertahan Rp 80.000 per Kilogram

Kediri, koranmemo.com –– Harga komuditas sayur khususnya cabai, ternyata di pasar tradisional masih cukup tinggi. Para pedagang mengaku, harga cabai rawit stabil di angka Rp 80.000 per kilogram selama hampir sebulan terakhir ini, dan harga cabai rawit sempat menyentuh angka Rp 84.000 sampai Rp 86.000 per kilogram selama dua hari.

Menurut salah satu pedagang sayur di Pasar Setono Betek Kota Kediri, Nono (43), harga cabai rawit terus mengalami peningkatan, namu harga cabai cenderung stabil setelah sempat menyentuh angka Rp 86.000 per kilogram. “Sempat jual Rp 84.000 sampai Rp 86.000 per kilogram, tapi tidak lama. Saat ini harganya stabil di angka Rp 80.000 per kilogram,” tuturnya, Senin (5/8).Untuk menjaga supaya stok cabai yang dijual tidak cepat busuk, Nono selalu memperhatikan permintaan pembeli. Karena, permintaan cabai tiap harinya tidak sama sehingga baru membeli cabai ke pasar grosir jika stok sudah menipis. Dalam sehari, paling banyak bisa menjual cabai rawit sekitar 10 sampai 15 kilogram.

Selain harga cabai rawit, lanjutnya, harga cabai merah besar juga mengalami kenaikan. Jika sebelumnya harga cabai merah hanya berkisar Rp 50.000 per kilogram, saat ini bisa dijual dengan harga Rp 60.000 per kilogram. “Ini yang baik dan ukurannya lebih besar. Kalau yang ukuran biasa, cabai merah dijual dengan kisaran harga Rp 50.000 sampai Rp 55.000 per kilogram,” ujarnya.

Sementara itu, Sujono (55), pedagang lainnya mengatakan, memang untuk harga cabai rawit tetap stabil di angka Rp 80.000 per kilogram, tapi cabai hijau besar, keriting, dan cabai lalapan juga ikut meningkat. Untuk saat ini, para pedagang menjual cabai hijau besar dengan harga antara Rp 30.000 sampai Rp 40.000 per kilogram.

Tidak jauh beda, cabai lalapan yang biasanya hanya berkisar Rp 30.000 per kilogram, kini dijual dengan harga Rp 40.000 sampai Rp 50.000 per kilogram. “Kami hanya menyesuaikan harga dari para tengkulak. Karena, selain dari pasar grosir, cabai-cabai ini kami peroleh dari pasar grosir. Harga cabai saat ini memang tidak stabil,” jelasnya.

Untuk cabai keriting, sambungnya, saat ini di pasar tradisional para pedagang menjual dengan harga Rp 60.000 per kilogram. Hampir semua jenis cabai mengalami peningkatan harga dan jika dibandingkan dengan harga dua bulan sebelumnya cukup tinggi. Selain karena permintaan dari pembeli yang tetap, stok dan pasokan dari petani mengalami keterbatasan.

Sujono memperkirakan pada Agustus ini, harga cabai akan kembali mengalami kenaikan harga yang cukup drastis. Ini lantaran, dalam waktu dekat masyarakat akan merayakan hari raya Idul Adha. “Kalau pasokannya tetap seperti ini, saya khawatir kalau mendekati hari raya Idul Adha harga cabai bisa mencapai Rp 100.000 per kilogram,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date