Hanya Dalam Dua Pekan, Puluhan Pengedar Narkoba Diamankan

Sidoarjokoranmemo.com – Satreskoba Polresta Sidoarjo, terus melakukan perlawanan terhadap pengedar narkoba. Terbukti, dalam jangka waktu dua pekan, telah mengamankan sedikitnya 29 orang diduga terlibat dalam jaringan peredaran barang haram tersebut.

“Dalam dua Minggu belakangan, sebanyak 29 orang tersangka berhasil diamankan. Mereka adalah pengedar dan kurir,” terang Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho, Rabu (16/1/2019).

Kapolresta menambahkan, mereka diamankan dari  sejumlah tempat di Sidoarjo. Kebanyakan, mereka diamankan dari wilayah yang berbatasan dengan Kota Surabaya.

“Paling banyak saat melakukan transaksi di Gedangan, Buduran, Waru, Sedati, dan kawasan Kota,” tambah Zain.

Lebih jauh, mantan Sekpri Kapolri itu mengungkapkan, telah melakukan pemetaan potensi kerawanan, dan melakukan evaluasi secara berkala.

Sebagian besar adalah pelaku lama

Kapolres menegaskan, akan terus melakukan pengembangan dari penangkapan tersebut. Karena sebagian besar adalah pelaku lama, yang sudah malang melintang di jaringan bisnis tersebut.

“Mereka pernah tertangkap, masuk penjara, dan kembali mengedarkan narkoba setelah bebas. Alias residivis,” imbuh Kapolresta.

Di sisi lain, pihak kepolisian juga terus berusaha melakukan upaya pencegahaan terhadap peredaran narkoba di Kota Delta. Seperti sosialisasi ke para pelajar, mahasiswa, komunitas, dan berbagai kalangan.

Melalui berbagai kegiatan itu, diharapkan masyarakat bisa paham dan turut berperan aktif dalam memerangi narkoba. Khususnya peredaran di Sidoarjo.

Dari penangkapan tersebut, petugas mengamankan barang bukti berupa 23,5 gram sabu-sabu, 5,54 gram ganja, 1 butir pil ekstasi, dan 1.634 pil jenis dobel L.

“Para tersangka akan dijerat dengan Undang-undang RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika yakni Pasal 112, 114, 111 dan Pasal 196 dan atau Pasal 197 tahun 2009 tentang Kesehatan,” pungkasnya.

Reporter : Yudi Ardian

Editor : Irwan Maftuhin

Follow Untuk Berita Up to Date