Halalbihalal PGRI Kota Kediri

Pengajar Harus Mengikuti Perkembangan Zaman

Kediri, koranmemo.com – Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menginginkan pendidikan di Kota Kediri dapat semakin maju dengan kualitas guru yang selalu dikembangkan. Keinginannya tersebut disampaikan ketika menghadiri halabihalal keluarga Bellbesar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Kediri di Halaman Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri, Rabu (11/7).

Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri, mengatakan peran guru memang sangatlah penting untuk mengembangkan kualitas pendidikan di suatu daerah. Capaian tingkat pendidikan masyarakat dalam suatu daerah dapat diukur melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang setiap tahunnya selalu dicatat oleh badan pusat statistik daerah.

Untuk itu saat ini Kota Kediri harus terus melakukan peningkatan kualitas pendidikan untuk terus meingkatkan capaian prestasi yang sudah didapat pada saat ini. “IPM 77,13 ini, merupakan IPM yang tertinggi di provinsi. Untuk itu ini semua harus kita jaga dan terus kita evaluasi untuk lebih meningkat lagi,” ujarnya.

Wali kota dua periode ini juga berharap agar masyarakat Kota Kediri tidak cepat berpuas hati dengan capaian yang sudah didapat saat ini.  Dengan adanya sistem dia ingin agar semua sekolah harus bisa menjadi sekolah favorit. Maka dari itu kualitas guru untuk membimbing adalah salah satu faktor penentu sekolah tersebut adalah sekolah yang bisa mengantarkan siswanya pada prestasi.

Dia juga berpesan kepada para guru agar bisa mengikuti perkembangan zaman. Menurutnya saat ini zaman sudah berubah dan kekuatan media sosial juga ikut mempengaruhi anak-anak. Untuk itu, guru-guru harus belajar teknologi untuk hal-hal yang positif. “Anak-anak didik kita menyukai guru-guru yang keren bukan lagi guru yang kolot. Panjenengan semua harus belajar IT. Kita harus bisa merangkul anak-anak,” ungkapnya.

Mas Abu ini juga mengingatkan agar guru selalu menjalin komunikasi dua arah dengan siswanya. “Kalau sudah terjadi komunikasi dua arah tentunya anak-anak akan senang dan panjenengan akan jadi guru yang dicintai muridnya,” imbuhnya.

Usai menghadiri halalbihalal Wali Kota Kediri menghadiri acara Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang yang digelar di aula Dinas Pendidikan.  Dalam acara tersebut, Mas Abu mengungkapkan saat ini perdagangan manusia terlihat begitu mudah. Banyak sekali orang yang dikirim ke luar negeri untuk dijadikan PSK. “Kita ingin masyarakat kita tidak dilecehkan. Saya berharap dinas pendidikan dan Polri menangkap langsung pelaku kejahatan human trafficking,” ungkapnya.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date