H – 2 Lebaran, Suasana Jalan Arteri Surabaya – Madiun Lengang

Nganjuk, koranmemo.com – Suasana jalan arteri Surabaya – Madiun menjelang lebaran terlihat lengang. Hal ini dikarenakan arus mudik lebaran tahun ini banyak yang menggunakan ruas tol. Meski begitu, Polres Nganjuk bersama instansi terkait tetap melakukan pemantauan arus mudik.

Suasana tampak ramai justru terjadi di bypass eksit tol Begadung. Kendaraan pemudik menuju Nganjuk maupun Kediri memang terlihat banyak yang lewat tol dibanding jalan arteri seperti lebaran tahun lalu.

“Kita sediakan tempat istirahat bagi pemudik, dengan fasilitas seperti tempat tidur, area bermain anak, musala dan sebagainya,” kata AKBP Dewa Nyoman N.W Kapolres Nganjuk saat sidak pos pelayanan lebaran, Senin (3/6/2019) sore.

Dewa menjelaskan, lengangnya jalan arteri Surabaya – Madiun ini dikarenakan pemudik lebih memilih jalan tol ketimbang jalan arteri. Namun, hal ini tidak serta merta diabaikan begitu saja, lantaran penumpukan kendaraan terkadang terjadi di perlintasan kereta api Minthil.

“Di sini kita bangun pos pengaman lebaran beserta fasilitas bagi pemudik. Ini kita namakan pos tranformasi yang mengandung arti bahwa TNI dan Polri tetap solid dan kuat untuk menjaga NKRI,” paparnya.

Disinggung adanya personel bersenjata di sejumlah pos pengamanan, Dewa menyebut jika itu sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP). “Ada teroris atau bukan, kita harus selalu waspada. Tugas kita adalah mengamankan warga negara, termasuk pemudik,” ungkapnya.

Reporter : Muji Hartono
Editor      : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date