Gus Ipul Sambang Rumah Korban Hanyut, Pendangkalan dan Sampah Jadi Pemicu Banjir

Jombang, Koranmemo.com – Wakil Gubernur Jawa Timur non aktif, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengunjungi korban banjir di Kecamatan Mojoagung, Jumat (23/2). Gus Ipul juga sambang ke rumah korban hanyut Niko Arvani Ferdiansyah (16), sebelumnya ditulis 19 tahun, pemuda asal Dusun Kagulan, Desa Janti, Kecamatan Mojoagung.

“Ini musibah, mudah-mudahan keluarga korban diberi kekuatan,” kata Gus Ipul usai menggelar tahlil di rumah duka, Jumat (23/2).

Gus Ipul juga menyinggung jika banjir yang terjadi di Kecamatan Mojoagung, tepatnya di Desa Gambiran, Janti dan Kademangan, dipicu sejumlah persoalan.

“Seperti pendangkalan Sungai Catak Banteng dan Pancir Gunting, tanggul jebol, hingga banyaknya sampah yang menghambat aliran sungai. Ini perlu penyelesaian,” ungkapnya.

Selain di Jombang, lanjutnya, daerah rawan banjir lainnya seperti Sampang, Pasuruan, Lamongan dan Bojonegoro juga menjadi langganan banjir setiap musim penghujan. “Banjir di daerah-daerah tersebut berdampak luas menghambat jalur utama (antar kota),” paparnya.

Masih menurutnya, penyelesaian banjir juga terkendala minimnya anggaran Pemprov. Sementara sungai yang butuh perawatan jumlahnya mencapai 300 lebih.

” Yang punya anggaran besar itu APBN. Sementara APBD provinsi (Jatim) belum cukup kuat. Ini PR kita yang memerlukan penangan serius dan pengambilan skala prioritas,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, banjir melanda 6 kecamatan di Kabupaten Jombang, Kamis (22/2). Salah satu yang menjadi langganan terdampak yakni Kecamatan Mojoagung.

Bahkan, dalam peristiwa ini seorang warga Dusun Kagulan, Desa Janti, Kecamatan Mojoagung, bernama Niko (16), dilaporkan hanyut dan sampai saat ini belum diketahui keberadaannya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Gimo Hadiwibowo

Satu tanggapan untuk “Gus Ipul Sambang Rumah Korban Hanyut, Pendangkalan dan Sampah Jadi Pemicu Banjir

  • Februari 26, 2018 pada 10:37
    Permalink

    Panutan banget nih Gus Ipul!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.