Guru Menjadi Kunci Semangat Belajar Mengajar Saat Ramadan

Kediri, koranmemo.com – Hari Rabu (8/5) merupakan hari pertama para siswa siswi kembali beraktifitas di sekolah usai libur awal bulan puasa. Para siswa di SD Bandar Lor 2 Kelurahan Bandar Lor Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, terlihat bersemangat dalam melakukan kegiatan belajar mengajar, meskipun mereka sedang berpuasa.

Menurut kepala sekolah SD Bandar Lor II, Juki, semangat siswa siswinya ini berkat motivasi yang selalu diberikan oleh para staf pengajar.  “Kita berikan motivasi, agar dalam proses belajar mengajar, mereka tidak lemas meskipun dalam kondisi berpusa,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh kepala sekolah SD Mojoroto 1 Kelurahan Mojoroto Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Dukut Waryanto. Menurutnya asal semangat siswanya ini tergantung dari tenaga pendidiknya. Dikatakan, jika tenaga pendidiknya lemas dan cenderung malas dalam memberikan mata pelajaran, maka, siswanya pun akan begitu.”

Dengan adanya puasa jangan sampai mengurangi minat belajar siswa. Harus tetap semangat. Jika siswa yang dihadapi ini masih di tingkat SD, semangat belajar siswa ini tergantung gurunya. Kalau gurunya pinter tertib dan disiplin serta semangat, muridnya pun akan ikut,” ucap Dukut Waryanto.M

Menurutnyaguru harus bisa proaktif saat mengetahui muridnya ada yang lemas dan tidak semangat dalam proses belajar mengajar. “

Makanya jika guru megetahui ada siswanya yang mulai lemes dalam menimba ilmu akibat berpuasa, guru harus pinter-pinter mencairkan suasana dan memotivasi agar semangat kembali. Jika tidak ya itu tadi. Bakal males-malesan mas muridnya,” ucap kepala sekolah tersebut.

ReporterDimas Mahendra

Editor:  Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date