Guru BK Jadi Korban Terseret Ombak di Jember, Keluarga Mengaku Ikhlas

Jombang, koranmemo.com – Jenazah Yudha Mahardika (34), guru BK SMA Negeri Plandaan asal Dusun Pulo Wetan gang 7 Desa Pulo Lor Kecamatan Jombang, yang merupakan salah satu korban terseret ombak di Pantai Payangan Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember, dimakamkan Senin (11/2) pagi di pemakaman umum desa setempat.

Selain para tetangga, turut hadir dalam proses pemakaman rekan sejawat serta para siswa dari SMA Negeri Plandaan. Pihak keluarga pun mengaku ikhlas dengan musibah yang terjadi Minggu (10/2).

“Ini sudah takdirnya sehingga kami mengikhlaskannya. Adik saya memang mengikuti kegiatan di Jember, MGMP BK (Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bimbingan Konseling), rombongan dari Jombang,” kata Martha Mardinata, yang merupakan kakak korban kepada wartawan, Senin (11/2).

Sebelum peristiwa nahas tersebut, Martha mengaku mendengar rencana kepergian sang adik ke Jember bersama beberapa guru MGMP BK dari sekolah lain. “Ya tahunya ada acara di Jember. Tapi kembali lagi memang jalannya sudah seperti ini. Semoga diterima di sisi Allah, di tempat yang terbaik,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Jombang Fatkhurrohman mengatakan, guru yang berangkat berjumlah sekitar 22 orang. “Itu rombongan guru gabungan SMA dan SMK merupakan MGMP BK, MGMP BP dan ada guru lainnya,” ungkapnya melalui sambungan seluler, Minggu (10/2) malam.

Sementara itu, dari data yang dihimpun dari berbagai sumber diketahui jika semula ada empat guru yang terseret ombak Pantai Payangan Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember, Minggu (10/2) sore.

Mereka terdiri dari Yudha Mahardika (34) guru BK SMA Plandaan, Zakiyah Nurwiningsih (34) guru BK SMAN 1 Jombang, Yanik Susanti (34) guru BK SMAN 3 Jombang serta Hasan (25) guru SMKN 3 Jombang.

Dari ke empatnya, hanya Yanik Susanti dipastikan selamat. Sedangkan Yudha dan Zakiyah meninggal dunia. Sementara Hasan sendiri belum ditemukan. Para guru ini menuju Jember dalam rangka rekreasi.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date