Gubernur Jatim: Melon Jadi Solusi Kurangi Kemiskinan

Tuban, koranmemo.com – Kesejahteraan rakyat, merupakan salah satu Nawa Bhakti Satya dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Dalam kunjungannya ke Tuban, Gubernur Jatim ini berkesempatan untuk mengikuti kegiatan panen melon di Desa Klotok, Plumpang, Kab. Tuban. Kegiatan tersebut dibingkai dalam agenda Festival Melon 2019.

Dalam kesempatan ini, Khofifah didampingi oleh Bupati Tuban Fathul Huda, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim Hadi Sulistyo serta perwakilan Asosiasi Petani Melon di Kabupaten Tuban.

Menurut, Khofifah, kegiatan bercocok tanam holtikultura tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar, ini dikarenakan melibatkan orang banyak. Khofifah optimis, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bercocok tanam holtikultura ini merupakan langkah yang tepat.

“Ini bisa menjadi pintu masuk bagi percepatan penyejahteraan, ini dikarenakan tingkat kemiskinan masyarakat pedesaan di Jawa Timur saat ini masih 15,2 persen,” ucap Khofifah.

Untuk peningkatkan kualitas melon, Khofifah akan mengajak perwakilan Asosiasi Petani Melon Tuban untuk mengikuti kegiatan panen melon prima pada pekan depan. Melon prima yang pengelolannya di bawah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov. Jatim tersebut memiliki kualitas ekspor.

“Melon prima ini berbentuk kotak, dan sangat mulus serta rasanya manis kriuk-kriuk. Dengan menanam melon, petani bisa mendapatkan keuntungan 6-7 kali lipat dari modalnya. Petani berkesempatan menanam melon, dengan gambaran profit dan akan memberikan signifikansi percepatan penyejahteraan para petani,” ujar Gubernur Jawa Timur tersebut.

Reporter: Dimas Mahendra
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date