Gubernur Jatim Khofifah IP Terima PPD dari Presiden RI

Surabaya, koranmemo.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mendapat pengakuan dari pemerintah pusat atas keberhasilannya mendorong pembangunan daerah di seluruh wilayahnya. Atas keberhasilannya tersebut, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Jokowi menyerahkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2019, dalam kategori Provinsi kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang dihelat di Hotel Shangrilla, Jakarta, Kamis (9/5).

Selain Jatim, Presiden Jokowi juga menyerahkan kepada Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Sumatera Selatan.Diterimanya penghargaan ini, karena Provinsi Jatim dinilai Bappenas RI mampu mengembangkan sinergitas antar sektor antar wilayah dalam tematik pengembangan kawasan argopolitan/minapolitan. Penilaian terdiri dari perencanaan utamannya pada tahun 2018 dan implementasinya pada kinerja di tahun yang sama. Pada sisi yang lain, fokus utama dari penilaian tersebut yakni lebih kepada inovasi yang dimunculkan serta berkontribusi dalam realisasi kinerja.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, terdapat 5 (lima) indikator kinerja utama yang ternilai melebihi dari target yang ditetapkan dalam rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) 2018. Dari ke 5 (lima) indikator tersebut antara lain, lajunya pertumbuhan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, penurunan angka tingkat pengangguran terbuka, penurunan disparitas, serta penurunan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Dalam arahannya, Presiden RI Jokowi mengatakan, bahwa  Indonesia memiliki peluang besar menjadi negara dengan ekonomi terkuat nomor lima di dunia. Bahkan, ekonomi Indonesia bisa menjadi nomor empat pada 2045. Asalkan, setiap kementerian atau lembaga serta daerah memiliki kemauan untuk berbenah.

Presiden meminta kepada daerah, jika ingin maju dan menjadi negara nomor 5 dunia harus mampu fokus pada pengembangan sektor infrastruktur. Tugas dari pemerintah pusat adalah menyiapkan infrastruktur, salah satunya jalan tol. Maka, daerah harus segera menyesuaikan dengan membangun kawasan-kawasan atau jalan-jalan di daerah yang mendukung terciptanya peningkatan ekonomi di daerah.

Dalam laporannya, Menteri PPN/Kepala Bapennas RI, Prof. Dr. Bambang Brojonegoro menyampaikan, bahwa dalam 5 tahun terakhir pembangunan nasional menunjukkan kemajuan yang sangat baik.

Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020 yang bertemakan Peningkatan SDM untuk pertumbuhan berkualitas difokuskan pada pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, infrastruktur dan pemerataan wilayah, nilai tambah sektor riil industrialisasi dan kesempatan kerja. Termasuk juga, ketahanan.

Reporter M Fauzi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date