Granat Nanas Ditemukan di Tumpukan Pasir

Nganjuk, Koran Memo – Sebuah granat nanas ditemukan di tumpukan pasir oleh Ulum (35) kuli bangunan warga Desa Banjarsari Kecamatan Ngronggot saat melakukan aktivitas pembangunan toko milik H. Safak (55) warga Desa/Kecamatan Ngroggot, Senin (18/5) pagi sekitar pukul 08.00.WIB. Akhirnya penemuan granat nanas dengan panjang 10 centimeter dan diameter 6 centimeter ini dilaporkan Koramil 0810/09 Ngronggot.

Petugas saat mengambil granat untuk diamankan ke Makoramil Ngronggot. (Muji/Memo)
Petugas saat mengambil granat untuk diamankan ke Makoramil Ngronggot. (Muji/Memo)

Ditemukannya granat peninggalan perang kemerdekaan itu berawal saat Ulum bekerja sebagai kuli batu di rumah H.Safak. Waktu itu, Ulum sedang membuat adonan untuk membuat pondasi bangunan toko, pagi sekitar pukul 07.00.WIB. Awalnya, dia tidak menemukan apa-apa saat mengeruk pasir yang akan dibuat adonan.

Selang satu jam kemudian, tiba-tiba cangkul Ulum tanpa sengaja membentur benda keras yang bentuknya mirip granat tersebut di gundukan pasir yang didatangkan dari lokasi galian pasir di Dusun Mindi Desa Kelutan Kecamatan Ngronggot. Setelah diteliti, dirnya yakin bahwa benda tersebut adalah granat nanas yang sudah dalam kondisi berkarat.

Ulum kemudian melaporkan penemuannya ke petugas piket Koramil 0810/09 Ngronggot. Mendapat laporan, Serka Adi Kuncoro yang saat itu bertugas jaga bergegas melakukan pemeriksaan ke lokasi penemuan dan membawa granat tersebut ke Makoramil 0810/09 Ngonggot untuk diamankan.

Komandan Kodim 0810 Ngajuk, Dandim Letkol Inf. Akatoto membenarkan telah ditemukan granat nanas di daerah Ngronggot. Untuk selanjutnya granat tersebut akan diserahkan ke Denpal Madiun. “Itu granat peninggalan perang kemerdekaan dan masih aktif,” terang Letkol Akatoto. (jie)

Follow Untuk Berita Up to Date