Gempar, Warga Tangkap Bulus Raksasa

Ponorogo, koranmemo.com – Warga Desa Cekok Kecamatan Babadan Ponorogo gempar, ini setelah warga setempat menangkap seekor Bulus (Labi-Labi Raksasa Cantor) seberat 40 Kilogram, Rabu (12/6). Hewan dengan nama latin Phelochelys Cantorii berhasil ditangkap oleh Budi Ibat warga RT 5 RW 2 Desa Cekok Kecamatan Babadan, saat memancing di Sungai Kali Ombo yang berada di Kelurahan Cokromenggalan Kecamatan Ponorogo.

Salah satu warga setempat, Joni Darmanto mengaku bulus raksasa ini berhasil ditangkap setelah 2 jam Budi dan 5 rekannya memancing kura-kura bertempurung lunak tersebut. Rencannya hewan raksasa ini akan di jual dan bila tidak laku akan dimakan.

” Kemarin itu sudah kelihatan di permukaan. Tadi pagi jam 6 pak Budi bersama teman-teman sengaja menangkap dengan cara dipancing. Dan dapat ini. Rencanya mau dijual atau dimakan,” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ponorogo Sapto Djatmiko menegaskan, agar Bulus raksasa tersebut tidak diperjualbelikan dan dikonsumsi. Pasalnya Bulus yang diperoleh warga Cekok itu termasuk hewan yang dilindungi negara sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang pengawetan tumbuhan dan hewan. Pihaknya pun mendesak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Madiun untuk turun tangan menyelamatkan hewan langka tersebut.

” Kami imbau jangan diperjualbelikan atau dimakan. Soalnya ada ancaman pidananya. Itu hewan yang dilindungi. BSDA turun tangan untuk menyelamatkan hewan terancam punah ini,” pungkasnya.

Reporter: Zainul Rohman

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date