Gedung SDN Watudandang III Roboh, ini Penyebabnya

Nganjuk, koranmemo.com – Gedung SDN Watudandang III yang berada di RT 02/RW 05 Dusun Nanggungan Desa Watudandang Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk, Rabu (2/1/2019) sekitar pukul 15.30 WIB, mendadak roboh.

Robohnya ruang kelas II dan ruang kelas I serta ruang kelas III yang kondisi atap ujung juga akan roboh ini kali pertama diketahui oleh Mahmudah (50) guru PNS warga setempat.

Awalnya saat di dalam rumah dia mendengar suara seperti bangunan roboh. Seketika Mahmudah keluar dari rumah dan melihat bangunan SDN Watudandang III yang berjarak kurang lebih 150 meter dari rumahnya.

“Kerusakan paling parah pada bangunan kelas dua. Atap dan penyangga tembok bagian atas roboh, untuk ruang kelas satu dan kelas tiga dalam kondisi juga akan roboh,” ujar AKP Moh. Sudarman Kasubbag Humas Polres Nganjuk, Kamis (3/1/2019).

Dijelaskan, menurut keterangan saksi Mahmudah, gedung SDN Watudandang III itu dibangun sejak 1979 silam, dan pernah dilakukan rehab bagian atas pada tahun 2007. “Gedung roboh dimungkinkan karena memang bangunan sudah usang dan saatnya dipugar,” kata Sudarman.

Sejak pagi kemarin, lanjut Sudarman, saksi Mahmudah sudah mengetahui bahwa kondisi bangunan seperti akan roboh dan sempat memindahkan barang-barang diamankan ke  ruang kelas lain. “Semua murid juga disuruh keluar ruangan,” imbuhnya.

Reporter : Muji Hartono

Follow Untuk Berita Up to Date