Gara-gara Rice Cooker, Rumah Terbakar

Kediri, koranmemo.com –– Rumah milik warga Dusun Gebangkerep Desa Tarokan Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri, diketahui bernama Andi Mariadi (47) hangus terbakar, Rabu (12/6) sekitar pukul 14.00 WIB. Api yang membakar bagian dapur rumah tersebut diduga berasal dari korsleting listrik pada alat penanak nasi (rice cooker).

Kapolsek Tarokan, AKP Sukarman mengatakan, berdasarkan dari keterangan saksi, tiba-tiba muncul asap dari bagian dapur rumah milik Andi. Saksi yang diketahui bernama Rafi Aditiyan (25) yang tak lain menantu Andi, segera memeriksa dan melihat api sudah berkobar. “Melihat api yang sudah membakar meja dan lemari gantung, segera meminta tolong,” jelas Sukarman.

Warga yang mendengar teriakan, segera menghampiri dan membantu saksi untuk memdamkan api dengan alat seadanya. Pasalnya, mereka khawatir api bertambah besar dan merembet ke bagian rumah yang lain. Petugas Polsek Tarokan juga berupaya berkoodiasi dengan pihak petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Kediri.

Setelah petugas mengerahkan satu unit mobil PMK, api berhasil dipadamkan setelah melakukan penyemprotan selama 30 menit. Warga pun khawatir jika api merembet ke bangunan rumah yang berada di sekitarnya sehingga petugas melakukan pembasahan di sekitar lokasi. “Warga sempat panik, petugas dan warga juga sigap dan api bisa cepat dipadamkan,” ucap Sukarman.

Alat penanak nasi tersebut, lanjutnya, kemungkinan ada kabel yang terkelupas sehingga terjadi hubungan arus pendek. Api yang muncul dari alat penanak nasi membakar meja makan yang berada di dapur, lemari gantung yang dipenuhi kertas pun tak luput dari amukan si Jago Merah, beruntung kejadian ini tidak menimbulkan kerban jiwa.

Menurutnya, dari pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas, pemilik rumah mengalami kerugian materi sekitar Rp 20 juta. “Semoga ini menjadi pembelajaran sehingga warga lebih meningkatkan kehati-hatian terhadap alat elektronik. Tidak hanya alat penanak nasi, mesin pompa air pun juga jangan terlalu lama digunakan, serta memperhatikan arus listrik sehingga tidak terjadi korsleting,” imbuhnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date