Gara-gara Ini, Warga Negara Malaysia Dideportasi

Madiun, koranmemo.com – Seorang warga Malaysia,  Othman Bin Iman (69) dideportasi petugas Imigrasi Klas II Madiun karena overstay atau melebihi izin tinggal di Indonesia, kemarin (2/5) pagi. Bahkan, pria renta yang menikah dengan Rusmini asal Desa Katikan, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi itu, menyalahgunakan visa kunjungan wisata untuk tinggal di rumah isterinya.

Kepala Kantor Imigrasi Klas II Madiun Kurniadie mengatakan, Othman sudah overstay di Indonesia selama dua tahun. Mengingat, sejak pertama kali masuk ke Indonesia, dia hanya menggunakan visa kunjungan wisata.

Othman pun dianggap sudah melanggar ketentuan dalam pasal 78 ayat (3) UU 6/2011 tentang Keimigrasian. ‘’Yang bersangkutan sudah melakukan pelanggaran keimigrasian dengan tinggal melebihi batas waktu yang ditetapkan,’’ terangnya.

Hasil pemeriksaan, Othman mengaku sudah menikah dengan Rusmini sejak 2004. Namun, tidak ada satu pun dokumen resmi yang menyatakan legalitas pernikahan dua orang beda kewarganegaraan itu. Selama tinggal di Indonesia, Othman tidak melakukan hal apapun, seperti berdagang. Begitu pula dengan istrinya yang hanya mengaku sebagai ibu rumah tangga. ‘’Tujuan awalnya kesini untuk kunjungan singkat, wisata,’’ terangnya.

Hingga Mei ini, setidaknya sudah dua WNA yang dipulangkan paksa oleh Kantor Imigrasi Klas II Madiun. Sedangkan tahun lalu, sudah empat WNA yang dideportasi. Untuk mengawasi keberadaan WNA di wilayah kerja Kantor Imigrasi Klas II Madiun, sudah dibentuk timparpora. Bahkan, tim itu hingga pada tingkat kecamatan. Kini, sudah ada 95 timparpora yang senantiasa mengawasi keberadaan WNA. ‘’Kami terus melakukan pengawasan. Jika ada yang melanggar aturan keimigrasian, ya langsung kami deportasi,’’ pungkasnya.

Reporter: Juremi

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date