Gara-gara Ini, Uang Puluhan Juta Rupiah Amblas

Ponorogo, koranmemo.com – Idris alias Deny Pratama (33) warga  Kampung Gosali Rt 10 Rw 05 Desa Sukarame Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang Provinsi Banten, ditangkap anggota Resmob Polres Ponorogo. Pasalnya, pria pengangguran ini diduga melakukan penipuan terhadap seorang wanita di Ponorogo.

Menggunakan modus memacari korban Mawar (bukan nama sebenarnya). Tersangka sukses menguras isi ATM korban. Petugas yang mendapati laporan bahwa tersangka di warung makan Nasi Pecel di Jalan Arief Rahman Hakim Kota Ponorogo, tepatnya di Selatan Terminal Seloaji di depan Hotel Galaksi, langsung mencidunya yang saat itu sedang makan bersama korban, Kamis (29/3) malam lalu.

Kasus ini sendiri berawal dari perkenalan korban dengan tersangka melalui media sosial facebook (fb) awal Mei 2017 lalu. Keduanya pun lantas menjalani asmara, selama pacaran tersangka kerap meminta transferan uang kepada korban.

Contohnya,  meminta modal usaha atas proyek pembangunan di kantor wilayah Madiun yang sedang dikerjakan. Korban yang percaya lantas mentransfer uang ke sejumlah rekening milik tersangka, namun setelah mendapat transferan tersebut tersangka sulit dihubungi. Merasa ditipu korban lantas melaporkan kasus ini ke Polres Ponorogo.

Kasubag Humas Polres Ponorogo, AKP Sudarmanto mengatakan, selama kurun waktu Mei hingga November 2017 korban tercatat telah mentransfer uang kepada tersangka mencapai Rp 94.000.000. Dari kasus ini petugas berhasil mengamankan Barang Bukti (BB), 1  buah dompet warna coklat, 1 buah KTP milik pelaku, Hand Phone, dua buah ATM, serta uang tunai sebesar Rp 300.000.

” Total uang yang sudah ditransfer korban mencapai 94 juta, tersangka ini menggunakan modus penipuan berkenalan lewat Face Book menggunakan akun palsu Deny Pratama,” ujarnya.

Sudarmanto mengungkapkan, akibat ulahnya, Idris dijerat dengan pasal 372 KUHP tentang Penipuan dan 378 KUHP tentang Penggelapan dengan ancaman 7 tahun penjara. ” Kita jerat dengan pasal 372 dan 378 KUHP, dengan ancaman 7 tahun penjara. Saat ini tersangka di tahan di Polres Ponorogo dan kasusnya di tangani Sat Reskrim Polres Ponorogo,” pungkasnya.

Reporter: Zainul Rohman

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date