Gara-gara Ini, Rumah Terbakar

Nganjuk, koranmemo.com – Nasib nahas menimpa Sutinah (78) warga Dusun Sambong Desa Kuncir Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk, Kamis (12/7). Ketika bermaksud memasak air untuk membuat kopi, rumahnya justru dilalap api hingga rata dengan tanah.

Informasi yang dihimpun koranmemo.com, kejadian bermula ketika nenek ini memasak air menggunakan  tungku berbahan bakar kayu. Setelah itu, nenek Sutinah pergi ke warung untuk berbelanja.

Di luar dugaan, ternyata api dari tungku tersebut menyambar tumpukan kayu bakar yang ada di dekatnya. Alhasil, api segera merembet ke seluruh isi rumah. Hembusan angin yang kencang membuat api kian membesar dalam sekejap.

Nenek Sutinah mengaku terkejut melihat rumahnya sudah terbakar dengan hebat ketika pulang dari warung. Iapun berteriak histeris meminta tolong kepada tetangga mengetahui rumah induk serta dapurnya dilalap api.

“Saya kaget ketika pulang dari warung kobaran api sudah membesar. Langsung saya teriak meminta tolong kepada para tetangga,” ungkapnya.

Beberapa saat kemudian wargapun berdatangan guna membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Petugas pemadam kebakaran setempat dan juga Tagana yang mendapat informasi inipun segera menuju lokasi untuk menjinakkan api.

Empat anggota Tagana dan 11 orang petugas PMK Nganjuk, dibantu warga setempat bahu membahu memadamkan api. Namun petugas cukup kewalahan akibat hembusan angin yang cukup besar. Setelah beberapa jam berjibaku dengan api akhirnya kobaran api bisa dipadamkan.

Kepala UPTD PMK Kabupaten Nganjuk, Setyana Duwi Harto, yang memimpin proses pemadaman api mengungkapkan, pihaknya berhasil memadamkan api setelah berusaha keras dengan dibantu oleh petugas Tagana dan masyarakat sekitar lokasi. Iapun menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada. Mengingat kebakaran ini merupakan ketiga belas kalinya terjadi selama dua bulan terakhir.

“Data dari kami menyebutkan kebakaran sudah terjadi sekitar 13 kali selama bulan Juni dan Juli. Kami meminta agar masyarakat untuk lebih waspada, terutama ketika menyalakan api di sekitar rumah,” ujarnya.

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date