Gara-gara Ini, Rumah Terbakar

Kediri, koranmemo.com – Rumah milik Sudibyo yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto Nomor 34 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, terbakar, Jumat (22/3) sekitar pukul 03.00 WIB. Diduga, kejadian ini disebabkan korsleting listrik sehingga api merembet ke bangunan rumah.

Beruntung dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, dan api berhasil dipadamkan sebelum merembet ke bangunan lain yang ada di sekitar lokasi kejadian.

Kabid Trantibumas Satpol PP Kota Kediri, Nur Khamid mengatakan, warga di sekitar lokasi yang mengetahui segera melaporkan kejadian kepada petugas Satpol PP Kota Kediri, mereka khawatir jika api merembet ke bangunan yang lain. “Kejadian sekitar pukul 03.00 WIB, setidaknya dari petugas pemadam kebakaran (Damkar) mengerahkan satu unit mobil Damkar,” ujarnya, saat dikonfirmasi koranmemo.com.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Damkar Kota Kediri, Fajar Khoirul Hidayah menjelaskan, setelah api berhasil dipadamkan kurang lebih satu jam petugas melakukan upaya pemadaman dan pemeriksaan kerugian. Pasalnya, pemilik rumah sudah pindah serta menetap di Jogjakarta sehingga bangunan dibiarkan kosong untuk sementara waktu.

Beruntung, lanjutnya, api dapat segera dipadamkan oleh petugas sehingga tidak menimbulkan kebakaran pada bangunan di sekitarnya. Karena, kobaran api cukup besar, dan setidaknya ada enam petugas Damkar yang berupaya memadamkan api. Petugas juga memastikan kobaran api tidak muncul kembali dengan melakukan pembasahan di beberapa bagian bangunan, serta memeriksa balok kayu yang terbakar.

Bangunan yang mempunyai luas 12 meter kali 20 meter itu, mengalami kerusakan di bagiaan depan dan ruang tamu. “Kalau perkiraan kerugian materi, sampai saat ini masih dilakukan penyelidikan oleh petugas Kepolisian. Karena yang terbakar adalah bangunan rumah serta beberapa perabotan yang masih ada di rumah. Untuk perkiraan luas bangunan yang terbakar kurang lebih 6 meter kali 12 meter,” ujarnya.

Sementara ini, sambungnya, petugas masih berusaha untuk melakukan koordinasi dengan pemilik rumah, dan diharapkan dapat melakukan pembersihan. Jika tetap dibiarkan, dikhawatirkan dapat terjadi korsleting kembali dan menyebabkan kebakaran, lantaran masih banyak bahan bangunan yang mudah terbakar. Meski demikian, petugas juga menghubungi pihak PLN untuk memeriksa kabel listrik disekitar lokasi, jika memang tidak ada tanggapan dari pemilik rumah, petugas akan melakukan pemutusan arus listrik.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date