Gala Siswa, Ajang Pembentukan Karakter Generasi Muda

Blitar, koranmemo.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar akan menggelar Gala Siswa 2018, ajang kompetisi sepakbola tingkat pelajar SMP se Kabupaten Blitar. Pembukaan Gala siswa ini akan dilakukan oleh Kepala dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusuma, di Lapangan Kecamatan Talun, Selasa (13/02).

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Dibyanto, SPd MSi mengatakan, bahwa Gala Siswa ini merupakan ajang pembentukan karekter bagi siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Blitar. Selain itu, ajang ini merupakan pencarian bibit-bibit siswa yang berprestasi di bidang mengolah si kulit bundar. Gala Siswa ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Prestasi itu tidak hanya bidang akademik, karena ada siswa yang memiliki potensi bidang akademik, ada juga yang bidang lainya, seperti olahraga. Siapa tahu dari ajang Gala Siswa ini dapat menelurkan peman berprestasi dan dapat menjadi pemain di Eropa dan Timnas Indonesia,” ungkap laki-laki yang mengindolakan CR7 Cristiano Ronaldo sebagai Pemain sepakbola ini, Senin (12/02).

Dibyanto menjelaskan, bahwa nantinya akan ada tim sepakbola dari seluruh SMP se Kabupaten Blitar baik negeri dan swasta untuk terjung ke ajang ini. Ada 101 tim baik dari SMP negeri dan SMP swasta. Untuk di Kabupaten Blitar ada 48 SMP Negeri dan 53 SMP swasta.

Untuk memudahkan kompetisi, setiap kecamatan akan digelar kompetisi yang diikuti oleh SMP yang ada di masing-masing kecamatan. Setelah  ada pemenangnya, mereka akan mengikuti tahap berikutnya, yakni kompetisi di zona masing-masing. Untuk zona ini akan dibagi menjadi empat zona, yakni zona timur, tengah, selatan dan barat.

Bagi  juara zona akan mewakili untuk melanjutkan kompetisi di tingkat Kabupaten Blitar. “Kita pingin nanti untuk final bisa digelar di Stadion Penataran yang ada di Kecamatan Nglegok, supaya atmosfirnya lebih baik,” ungkapnya.

Bagi pemenang se Kabupaten Blitar akan mewakili Kabupaten Blitar untuk mengikuti Gala Siswa di tingkat Jawa Timur. Sedangkan pemenang Jawa Timur juga akan mengikuti Gala Siswa tingkat nasional. “Jadi ini tidak hanya di tingkat Kabupaten Blitar, tapi hingga nasional, karena tujuannya memang mencari bakat-bakat yang terpendam,” tegasnya.

Bagi  tim pemenang nanti akan diberikan uang pembinaan sebagai pemacu semangat berprestasi. “Yang terpenting jaga sportifitas dalam berkompetisi manjadi siswa yang berprestasi serta berkarakter Bangsa Indonesia,” pungkasnya.(adv/Dindik/MRobby/AriefJP)

Reporter: M Robby/ Arief JP

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.