Gadaikan Mobil Rental, IRT Dibui

Trenggalek, koranmemo.com – Entah apa yang ada dalam benak Titik Wiji Rifayati (29) warga RT 02/RW 01 Dusun Dampu Desa Kalongan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang ini. Ibu rumah tangga (IRT) tinggal di Desa Wonoanti Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek itu nekat menggelapkan mobil nopol AG 1342 YK milik Eko Priyo S warga RT/RW 01 Desa Jatiprahu Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Akibatnya dia harus merasakan dinginnya di balik jeruji penjara.

Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo S mengatakan, tersangka diamankan petugas di rumahnya pada Selasa (2/10). Tersangka diamankan beserta mobil nopol AG 1342 YK milik korban yang sebelumnya telah digadaikan oleh tersangka sebagai jaminan hutang yang ditanggungnya. “Mobil itu digadaikan tersangka untuk jaminan hutangnya sebesar Rp 244 juta,” ujarnya saat dikonfirmasi koranmemo.com.

Penggelapan mobil itu, lanjut Didit bermula saat pelaku menyewa mobil milik korban. Kepada korban, Titik mengaku menyewa mobil itu untuk keperluan belanja barang-barang di tokonya. Sesuai akad, mobil disepakati dipinjam harian. Namun hingga kurun waktu sebulan mobil tak juga dikembalikan, bahkan uang sewa yang dijanjikan juga tidak diberikan. “Korban mencoba menghubungi pelaku dan diketahui jika mobilnya telah digadaikan. Kemudian korban memilih menempuh jalur hukum,” jelasnya.

Ditambahkan, mendapatkan laporan itu, Satreskrim Polres Trenggalek segera melakukan upaya penyidikan. Saat dilakukan upaya persuasif, pelaku justru meminta uang Rp 25 sebagai tebusan jika ingin mengambil mobil tersebut. Diketahui mobil korban oleh pelaku dibawa ke Sampang Madura. “Tersangka kami amankan beserta barang bukti mobil, BPKB dan surat pernyataan penjaminan mobil korban,” katanya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka akan dijerat pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan atau penggelapan yang diancam dengan pidana maksimal empat tahun penjara.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date