FGD Pemahaman dan Penerapan HAM

Nganjuk, koranmemo.com – Kesbangpol Nganjuk menggelar Focus Group Discussion (FGD) pemahaman dan penerapan HAM dalam rangka harmonisasi peraturan perundang-undangan di daerah, Jumat (4/1) sekitar pukul 14.00 WIB. Bertempat di Pendopo Pemkab Nganjuk, kegiatan tersebut diikuti sekitar 200 orang dengan penanggungjawab Drs. Imam Ashari, MM, Kakan Kesbangpol Kabupaten Nganjuk.

Hadir dalam kesempatan itu, Dirjen Perundang-Perundangan Kemkum HAM Prof. Dr. Widodo, SH, M.S, Wabup Nganjuk Dr. Drs. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, M.BA, Sekda Nganjuk Ir. Agoes Soebagijo, M.Si. Hadir juga perwakilan Forkopimda, para kepala rutan sekitar Kabupaten Nganjuk, dan para kepala SMP maupun perwakilan guru se-Nganjuk.

Wabup Marhaen dalam sambutan menyampaikan, dengan terselenggaranya acara ini diharap peraturan yang dibuat oleh Pemda Nganjuk bisa harmoni dengan Perundang-undangan yang ada. Pihaknya berharap ke depan penerapan HAM di Kabupaten Nganjuk bisa terlaksana dengan baik.

“Berkat kerja semua pihak, Nganjuk menjadi kabupaten yang memiliki kesadaran hukum tinggi dan mendapatkan penghargaan Kabupaten peduli HAM dua kali dari Meteri Hukum dan HAM RI,” ungkapnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Widodo, SH, M.S., Dirjen Perundang-Perundangan Kemkum HAM menyampaikan, sosialisasi ini diharap dapat memberikan bekal kepada seluruh peserta dalam membuat suatu peraturan perundang-undangan di daerah dalam rangka mewujudkan Goof Of Goverment.

“HAM merupakan hak dasar setiap umat manusia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, meskipun sampai saat ini dalam perturan HAM masih ada dalam perdebatan terkait hak mana saja yang masuk dalam HAM dan yang tidak masuk HAM, sehingga masih diperlukan berbagai pemikiran kita semua,” jelasnya.

Ia memaparkan, di dunia sampai saat ini terkait HAM juga masih terdapat perdebatan karena HAM di negara-negara blok Barat dan blok Timur juga terdapat perbedaan. Hal itu tidak terlepas dari pengaruh politik yang ada.

“Sehingga HAM seperti apa yang harus kita terapkan di negara kita dan HAM yang perlu kita terapkan di negara kita. HAM yang berdasarkan ideologi negara kita Pancasila, yaitu HAM yang terdapat kewajiban untuk menghormati Asasi orang lain,” paparnya.

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date