Fasilitasi Bayi Dalam Kardus, Terbitkan Akte Kelahiran hingga Rehabilitasi

Trenggalek, koranmemo.com – Temuan bayi dalam kardus di areal persawahan Jalan Baru di Dusun Payaman Desa/Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek mengundang simpati banyak pihak. Sembari menunggu adanya orang yang ingin mengadopsi bayi malang itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek bakal memfasilitasi bayi berjenis kelamin laki-laki dengan berat 2,3 kilogram (kg) dan panjang 50 centimeter (cm) yang diduga baru dilahirkan.

Fasilitas yang dimaksud adalah berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan anak yakni menerbitkan akta kelahirannya. “Berkaitan dengan pemenuhan hak anak kami akan membantu untuk proses penerbitan akta kelahirannya. Terus kemudian kalau proses hukum kami serahkan ke teman-teman kepolisian,” kata Cristina Ambarwati, Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak, Dinsos P3A Kabupaten Trenggalek, Jumat (18/1).

Selain itu, lanjut Ambarwati, pihaknya juga akan merehabilitasi bayi malang itu ke Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Asuhan Balita (UPT PSAB) Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Sidoarjo. “Sedangkan proses rehabilitasi sosialnya bayi itu pada saat kondisinya sudah sehat nanti akan kami komunikasikan dengan panti sosial anak dan balita di Sidoarjo, UPT dari Dinas Provinsi Jawa Timur,” kata Ambarwati.

Rehabilitasi ini, dilakukan untuk menjamin hak-hak anak agar terpenuhi. Nantinya, Ambarwati menyebut masyarakat dapat mengadopsi bayi malang itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Untuk dirawat disana karena mereka termasuk anak terlantar. Dan kalau kemudian warga Trenggalek menginginkan atau mengangkat untuk proses adopsi prosesnya mengikuti mekanisme yang ada melalui PSAB Sidoarjo,” pungkasnya.

Sebelumnya warga Kabupaten Trenggalek dibuat heboh dengan penemuan bayi dalam kardus, Jumat (18/1) pagi. Bayi malang itu ditemukan dalam sebuah kardus lengkap dengan ari-ari bayi yang masih melekat di tubuhnya. Beruntung aksi cepat tanggap warga dan petugas membuahkan hasil positif sehingga bayi malang itu dapat diselamatkan. Sebab saat ditemukan kondisi kesehatan bayi menurun. Kini bayi tersebut tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Dokter Soedomo Trenggalek.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date