Evan, Penderita Radang Otak Terima Bantuan

Sidoarjo, koranmemo.com – Warga Desa Kebaron Kecamatan Tulangan, Sidoarjo Sabtu, (04/08) siang kedatangan tamu istimewa. Tidak datang sendiri, orang nomer satu di Polresta Sidoarjo ini tiba dengan didampingi ibu-ibu Bhayangkari, pejabat utama polresta sekaligus jajarannya.

Hati mereka terketuk atas penderitaan yang dialami Evan Syahputra. Rasa keprihatinan itu muncul lantaran bocah berusia 10 tahun ini didiagnosa medis mengalami gangguan pada sistem di otaknya. Lebih tepatnya, menderita radang otak karena ada penyempitan pembuluh darah.

Evan, panggilan akrabnya, saat ditemui Kapolresta Sidoarjo Himawan Bayu Aji di rumahnya terlihat lemas. Dengan berat badan 19 Kg, Evan juga tidak mampu untuk hanya sekedar duduk.

Aktivitas sehari-hari anak kedua dari pasangan Adi Suprap Pramono (42) dan Fitriawati (35) hanya lemas berbaring di tempat tidur.  Untuk pergi, ia selalu digendong.

“Duduk saja tidak bisa. Apalagi berdiri,” terang ibunda Evans yang sehari-hari bekerja di pabrik olahan kayu saat ditanya Kapolresta Sidoarjo.

Evan saat ini tinggal di RT 4, RW 1 Desa Kebaron, Kec. Tulangan, Sidoarjo bersama kedua orang tua dan kakak laki-lakinya. Ayahnya, bekerja sebagai buruh tani.

Belakangan ini dirinya santer dibicarakan warga net. Lewat grup media sosial Facebook Info Lantas Sidoarjo (ILS), beberapa foto Evan diunggah oleh anggota grup. Netizen merespon sejumlah komentar keprihatinan terhadapnya.

“Kami sangat prihatin atas derita yang dialami oleh Adik Evan,” terang Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Himawan Bayu Aji saat menjenguk Evan dirumahnya.

Lebih jauh alumni Akpol 1995 ini mengatakan, kedatangannya beserta rombongan keluarga besar Polresta Sidoarjo usai adanya laporan dan info itu menjadi viral di media sosial.

Saat rombongan tiba, suasana haru pecah. Mereka duduk dan berdiskusi di teras rumah. Tim dokter dari kepolisian mendiagnosa Evan menderita radang otak. Akibatnya, pertumbuhan dan aktifitas Evan terhambat.

“Sejak kecil sudah ada tanda-tanda. Saat ini susah untuk bicara,” terang ibu Evan saat ditanya salah satu tim medis Polresta Sidoarjo.

Sebagai rasa keprihatinan,  kursi roda diberikan Polresta Sidoarjo. Diharapkan, bisa meringankan aktivitasnya sehari-hari bersama keluarga.

“Dan ada taliasih untuk keluarga. Semoga ini bisa membantu meringankan beban keluarga Evan,” tutur polisi dengan tiga melati dipundak itu.

Kapolresta Sidoarjo berharap besar atas kesembuhan Evan. Pihaknya meminta RS Siti Fatimah Tulangan berkoordinasi dengan Camat Tulangan untuk memantau perkembangan Evan.

“Dan mudah-mudahan nanti ada perkembangan yang positif dan penyakit Evan bisa tertangani dalam pengobatan dan ada kesembuhan,” harapnya.

Evan, imbuhnya, sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan. Kartu itu nanti bisa digunakan untuk melakukan perawatan ataupun observasi terhadap penyakit Evan.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Camat Tulangan Abdul Wahib mengucapkan terima kasih kepada Polresta Sidoarjo. Ia menyebut hal ini bakal menjadikan motivasi tersendiri bagi kedua orang tua Evan.

“Semoga orang tua Evan termotivasi untuk terus berjuang merawat demi kesembuhan anaknya, Evan. Dan, kita akan tindak lanjuti sesuai dengan arahan dari Bapak Kapolresta dengan berkordinasi kepada pihak terkait untuk kesembuhan Evan,” imbuhnya.

Reporter : Yudhi Ardian
Editor : Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date