Empat Ribu Saluran Jargas Mulai Dikerjakan

Lamongan, koranmemo.comJaringan distribusi gas (jargas) bumi untuk 4 ribu kepala keluarga di Lamongan dari Kementrian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) mulai dikerjakan. Tampak beberapa pekerja proyek pada Kamis (20/6) mulai melakukan penyambungan pipa.

Pengerjaan sambungan tersebut dilakukan di sejumlah ruas jalan di Lamongan. “Tahun ini kita mendapatkan jatah empat ribu sambungan,” kata Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkab Lamongan Faiz Junaidi.

Sementara, pemakaian jargas dinilai dapat menghemat pengeluaran biaya rumah tangga. Karena gas tersebut dinilai lebih irit ketimbang tabung gas elpiji yang biasa digunakan masyarakat.

Selain itu penggunaan Jargas juga dianggap lebih bersih praktis dan juga mudah. “Tentunya keunggulan yang diperoleh adalah lebih hemat biaya serta lebih bersih,” katanya.

Menurutnya, warga tak perlu khawatir kehabisan menggunakan Jargas tersebut. Sebab setiap saat masyarakat tinggal menyalakan kompor gas gasnya dan Jargas sudah bisa digunakan untuk memasak atau yang lainnya.

“Jika sebelumnya masyarakat khawatir kehabisan tabung gas elpiji saat memasak sekarang bisa langsung menyalakan kompor, karena jaringan ini nantinya akan dipasang di setiap rumah para warga,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemkab Lamongan sendiri juga telah mengusulkan 10 ribu lebih saluran Jargas ke Kementerian ESDM di tahun sebelumnya. Namun usulan tersebut hanya terealisasi sekitar 4 ribu saja.

Rencananya sambungan Jargas akan disambungkan ke rumah-rumah warga di Perkotaan, Perum Graha Indah dan Perum Made. “Usulan kami ada 10 ribu pemasaran Jargas. Semoga hal ini bisa dipasang secara berkala setiap tahunnya,” harapnya.

Tingkat keamanan Jargas ini, menurutnya, dinilai sangat aman. Selain memasang pipa Jargas secara gratis, Kementerian ESDM juga berencana membagikan kompor gas gratis ke beberapa warga.

 “Kita juga meminta maaf kepada pengguna jalan raya, karena saat ini tengah dikerjakan pengerjaan sambungan Jargas. Tentunya hal ini sangat menghambat perjalanan mereka,” harapnya.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date