Elpiji 12 Kg Mulai Diminati Konsumen

Share this :

Jombang, koranmemo.com-Jika lazimnya Liquefied Petroleum Gas (LPG) atau elpiji 3 kilogram laris manis diburu konsumen, namun kini rupanya sedikit demi sedikit konsumen mulai meminati elpiji ukuran yang lebih besar lagi yakni yang ukuran 12 kilogram.

Indikasi ini seperti dikatakan Ramelan (50), salah satu pemilik pangkalan elpiji di Kelurahan Kaliwungu Kecamatan Jombang Kota. Dalam catatan administrasinya, elpiji 12 kilogram mulai diburu sejak 1,5 bulan terakhir.

“Mungkin sejak ada larangan penggunaan elpiji 3 kilogram bagi hotel, restaurant, industri dan hanya diperbolehkan bagi rumah tangga dan usaha mikro saja. Selian itu elpiji 12 kilogram memang praktis dan awet bisa satu bulan lebih dalam pemakaian normal,” kata Ramelan kepada wartawan, Kamis (7/12).

Dalam catatannya, dalam setiap hari penjualan elpiji 12 kilogram mampu terjual antara 25 hingga 29 tabung. Padahal sejak ramai dicari konsumen, ada kenaikan harga Rp 10.000. “Saat ini harga jualnya Rp 131 ribu. Naik Rp 10 ribu dari sebelumnya Rp 121 ribu,” ujar Ramelan.

Menurut Ramelan, saat ini kiriman yang diterimanya untuk elpiji 12 kilogram cenderung tersendat. Saat ini saja dia mengaku datangnya kiriman elpiji. “Ini saya menunggu kiriman elpiji untuk yang 12 kilogram. Saya total punya 35 tabung,” ungkapnya sambil menunjukkan tumpukan tabung yang kosong menunggu kiriman.

Lalu bagaimana untuk tabung ukuran 3 kilogram? Ramelan mengaku jika elpiji yang biasa disebut elpiji melon itu justru lancar dalam pengiriman dan tidak ada keterlambatan. “Kiriman lancar tidak ada kendala. Harganya juga tetap tidak ada perubahan kalau di tempat saya,” paparnya.

Untuk penjualan elpiji 3 kilogram, lanjut Ramelan, dirinya masih mampu menjual di atas 500 tabung per hari dengan harga darinya Rp 16.000. “Kondisi normal sehingga masih bisa menyalurkan diatas 500 tabung per hari ke pengecer. Kalau jumlah tabung milik saya ada 560 tabung,” tandasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

 

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz