Ekskavasi Lanjutan Situs Sumberbeji Hingga ke Kotak C8

Jombang, koranmemo.com – Pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Trowulan, masih terus melakukan ekskavasi atau penggalian lanjutan di lokasi situs petirtaan Sumberbeji di Dusun Sumberbeji Desa Kesamben Kecamatan Ngoro.

Pada Rabu (11/9), tim melakukan kegiatan dengan melakukan penggalian lanjutan dari kotak great C7 dilanjutkan pada kotak C8, dengan volume kerja 4 meter x 4 meter x 0,5 meter.”Kita mencoba mencapai bawahnya, ini masih mengangkat setengah meter tanah. Masih pengerjaan, termasuk belum ada juga temuan lepas di lokasi,” kata Wicaksono Dwi Nugroho, arkeolog BPCB Jatim saat diwawancara Koran Memo, Rabu (11/9).

Wicaksono juga mengaku berkoordinasi dengan pihak Dinas PUPR Kabupaten Jombang untuk meminta bantuan pinjaman  alat berat ekskavator untuk memperluas penggalian.

“Kita ingin buka yang sisi selatan. Termasuk untuk mengetahui sampai sejauh mana sumber airnya,” sambungnya.

Ditanya rencana penutupan sumber air selama proses ekskavasi agar mesin diesel penyedot air tidak kewalahan, Wicaksono mengaku urung dilakukan.

“Belum jadi ditutup. Kemarin dibersihkan terus keluar pasirnya gitu dan semakin membesar,” ungkapnya.

Sementara saat disinggung pengamanan lokasi selama proses ekskavasi, Wicaksono mengaku ada bantuan tenaga warga dusun setempat, yang menjaga peralatan selama proses ekskavasi.

“Kayak kemarin ada tiga warga yang jaga sampai pagi. Istilahnya kalau orang jawa ‘melekan’ di lokasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, mulai melakukan ekskavasi tahap satu terhadap situs petirtaan Sumberbeji di Dusun Sumberbeji Desa Kesamben Kecamatan Ngoro, Selasa (10/9). Proses ini sendiri melanjutkan rekomendasi hasil dari survey penyelamatan yang dilakukan sebelumnya.

Reporter Agung Pamungkas
Editor Achmad Saichu
Follow Untuk Berita Up to Date