Efektifitas Penyerapan Anggaran, Komisi IV Evaluasi Mitra Kerja

Trenggalek, koranmemo.com – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Trenggalek mengevaluasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2019 di Ruang Aula Kantor DPRD Trenggalek, Selasa (14/5) siang. Rapat Dengar Pendapat (RDP) itu dihadiri seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mitra kerja Komisi IV.

Sukarudin, Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek mengatakan, evaluasi penyerapan APBD itu dilakukan agar realisasi penggunaan anggaran tepat sasaran, sehingga pelaksanaan progam pembangunan fisik dan non fisik terealisasi tepat waktu. “Keanggotaan DPRD 2014-2029 akan habis Agustus. Kita pacu agar APBD tahun 2019 secepatnya bisa diselesaikan,” kata Sukarudin.

Hasil evaluasi secara keseluruhan, Komisi IV menilai penyerapan APBD TA 2019 sudah terealisasi sesuai perencanaan. Hanya saja pihaknya meminta beberapa OPD untuk segera mengebut pengerjaan proyek skala besar. Misalnya progres pembangunan gelanggang olahraga rakyat yang sedianya akan dibangun di Jalan Brigjen Soetran. “Mudah-mudahan 2 atau 3 tahun ke depan terwujud,” harapnya.

Keberadaan GOR itu nantinya memiliki peran vital sebagai tempat kegiatan masyarakat. Selama ini, wakil rakyat mengkritisi tiap kegiatan yang terkonsentrasi di Alun-alun Trenggalek. Namun disisi lain, mereka tak bisa berbuat banyak karena memang belum memiliki lokasi yang memadai. “Dampaknya Sarpras rusak, macem-macem. Karena setiap ada kegiatan besar selalu diletakkan di Alun-alun,” tegasnya.

Selain pembangunan GOR, mereka juga memberikan catatan evaluasi penyerapan anggaran kepada seluruh OPD agar lebih maksimal, mengingat penyerapan APBD memiliki jangka waktu. Komisi IV berharap OPD mampu merealisasikan seefektif mungkin. “Kalau masih ada anggaran bisa dimanfaatkan dengan cara dianggarkan kembali di PAK,” pungkasnya. (adv/DPRD Trenggalek)

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date