Duta Besar Belarus Bangun Kerja Sama dengan Pemprov Jatim

Surabaya, koranmemo.comDuta besar Belarus, Valery Kolesnik, untuk Indonesia sore ini melakukan pertemuan dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di gedung negara Grahadi Surabaya (12/8/2019). Dalam pertemuan ini, gubernur bmengatakan, Belarus memiliki kerja sama system university dengan Unair yang sedang dalam perkembangan ke tahap lebih lanjut. Selain hal tersebut, Belarus juga sedang melakukan kerja sama dalam industri dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) provinsi Jawa Timur.

“Mereka menginginkan adanya produk laut khususnya tuna dan salmon. Saya arahkan ke sendang biru karena sendang biru cukup signifikan untuk bisa mensuplai kebutuhan. Jadi saya tawarkan untuk mengambil disana,” ucap gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.Lebih lanjut lagi dia juga mengatakan, selama ini Belarus menyuplai produk laut itu dari Srilangka, untuk Jawa Timur mereka menginginkan produk yang sudah olahan. Mereka menginginkan produk yang sudah siap kirim.

“Kita tawarkan lagi itu di PT. Sier ada. Saat ini disana masih terbuka untuk para investor yang menginginkan produk hasil olahan dari laut. Disana sudah ada tempatnya untuk industri hasil olahan produk kelautan. Monggo kalau jangka dekat Belarus mau invest bisa melihat lapangannya, hasilnya, proses pengolahannya dan juga limbahnya,” terang Khofifah.

Hal ini dibenarkan oleh Duta besar Belarus, Valery Kolesnik. Melalui jubirnya, ia mengiyakan bahwa sedang melakukan kerja sama dengan Indonesia, Khususnya Jawa Timur. Menurutnya, Jawa Timur memiliki potensi besar untuk membangun kerja sama yang baik dengan Belarus.

“Potensi yang dimiliki Jawa Timur sangat besar. Maka dari itu kami jalin komunikasi untuk melakukan kerja sama dengan Jawa Timur. Kami akan bangun kerja sama dari segi industri hasil olahan produk laut dan juga kerja sama antar universitas Jawa Timur dan universitas Belarus,” ucapnya.

Reporter: Dimas Mahendra
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date