Dukung Capres Prabowo, Pejabat Kemenag Dilaporkan Bawaslu

Madiun, koranmemo.com – Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Madiun dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pejabat berinisial H itu diduga mendukung pasangan capres-cawapres nomor 02 Prabowo-Sandiaga Uno di akun grupWhatsApp­ (WA).‘’Pelapornya anggota dalam grup WA terkait. Dugaan pelanggaran netralitas ASN (aparatur sipil negara),’’ kata Ketua Bawaslu Kabupaten Madiun Nur Anwar, kemarin (8/2).

Dalam grup WhatsApp­ (WA) oknum Kemenag itu, menurutnya, membagikan meme, foto, dan video pendek. Konten tersebut dibumbui dengan kalimat dukungan. Bahkan, dia sempat terlibat debat dengan anggota grup lainnya. Obrolan tersebut lantas di-screenshot sebagai bahan laporan ke Bawaslu Selasa lalu (5/2).

Obrolan dalam screenshot yang dicetak sebanyak tujuh lembar itu dijadikan sebagai barang bukti (BB). “Kita juga meminta keterangan dari tiga saksi yang salah satunya pelapor dan anggota grup WA,” jelasnya.

Mengacu Undang-Undang (UU) 5/2014 tentang ASN dan surat edaran Men PAN-RB nomor B/71/M.SM.00.00/2017, seluruh pejabat ASN diminta menghindari keterlibatan dan menjaga profesionalisme dalam penyelenggaraan pesta demokrasi. “Jika syarat formil dan materiil terpenuhi, maka kita akan merekomendasi Komisi ASN untuk menjatuhkan sanksi,” tandasnya.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date