Dua Parpol Belum Memenui Syarat

Tulungagung, koranmemo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung, Jum’at (2/2) menyampaikan hasil verifikasi terhadap 13 partai politik (parpol) calon peserta pemilihan umum (pemilu) 2019 paska putusan Mahkamah Konstitusi (MK), tercatat dua parpol yang dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS). Kedua parpol yaitu Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno mengatakan, pihaknya telah melakukan verfak sejak (30/1) hingga (1/2) terhadap 13 parpol, diantaranya Partai Golkar, PKB, PKPI, Gerindra, PKS, PDIP, Demokrat, Nasdem, PAN, PPP, Hanura, PBB dan Garuda. “Dari 13 partai yang diverfak ada dua parpol yang dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS),” ungkapnya.

Suprihno menjelaskan, adapun verfak terhadap parpol meliputi verifikasi keanggotaan, kepengurusan tetap, keterwakilan perempuan, dan domisili kantor. Dalam verifikasi keanggotaan bisa dinyatakan memenuhi syarat (MS), dimana pihak parpol harus bisa menghadirkan 5 persen dari jumlah anggota untuk di sampling, kemudian tentang kepengurusan tetap yang mana pihak parpol harus memiliki pengurus mulai dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara (SKB).

Masih menurut Suprihno, ┬ádalam struktur kepengurusan parpol itu harus memiliki keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen dari jumlah pengurus untuk bisa dinyatakan MS, dan yang terakhir terkait domisili kantor harus jelas. “Jadi ada empat item yang diverifikasi,” jelasnya.

Suprihno memaparkan, verifikasi keanggotaan terhadap parpol PKPI dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS), sebab ketika pelaksanaan verfak keanggotaan dari jumlah anggota sekitar 1003 orang, pihak parpol harus bisa menghadirkan anggota sebanyak lima persen atau sekitar 50 anggota untuk disampling.

“Namun ketika diverfak, PKPI hanya bisa menghadirkan 8 anggota, maka kami menyatakan BMS. Sedangkan untuk yang lainnya MS,” katanya.

Selanjutnya, untuk PBB dinyatakan BMS mulai dari verifikasi kepengurusan, kantor, keterwakilan perempuan 30 persen dan keanggotaan 5 persen. Sebab, pihak PBB belum bisa memenuhi persyaratan dalam verfak parpol peserta pemilu 2019.

“Namun, demikian untuk parpol yang dinyatakan BMS, dapat melakukan perbaikan selama tiga hari sejak Sabtu (3/2) hingga Senin (5/2). Yang nantinya akan diverfak kembali pada Selasa (6/2),” pungkasnya.

Reporter: Denny Trisdianto

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.