Dua Kades Dipanggil Panwas Karena Ini

Blitar, koranmemo.com – Dua oknum Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Blitar menghadiri panggilan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Blitar. Pemanggilan itu terkait keduanya yang kedapatan menghadiri kampanye calon gubernur Jawa Timur nomor urut satu, yang sedang melakukan safari di Blitar Rabu (22/2).

  Meski tidak menyebutkan secara rinci, Ketua Panwaslu Kabupaten Blitar Hakam Salahudin mengatakan, dua oknum Kades itu dari Kecamatan Nglegok, dan Kecamatan Kademangan.
Saat itu, Cagub bersangkutan sedang menghadiri kegiatan di kawasan wisata Bukit Teletubies di Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok dan sentra industri jenang di Desa Rejowinangun Kecamatan Kademangan. Saat ini Sumberasri dipimpin Kades Endro Busono, sedangkan Kades Rejowinangun diketahui bernama Witoyo. Menurutnya kasus ini merupakan temuan Panwaslu, bukan laporan dari masyarakat.

  “Yang jelas dua Kades itu satu Kades di salah satu desa di Kecamatan Nglegok, dan satu di Kecamatan Kademangan,” ungkap Hakam Salahudin , Sabtu (24/2).

  Hakam, menjelaskan dua kades tersebut dipanggil untuk di klarifikasi terkait kehadiran mereka dalam kampanye Cagub. Selanjutnya pihaknya menyerahkan masalah ini ke komisi penindakan. Lalu dilanjutkan dengan pleno komisioner apakah yang dilakukan kedua Kades itu merupakan bentuk pelanggaran atau bukan.

  “Kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dan nanti akan diputuskan dalam rapat pleno komisioner,” pungkasnya.

Reporter:Arief JP

Reporter: Irwan M

Follow Untuk Berita Up to Date