Dua Hari Gelar Kediri Lokal Koi Show ke 4

Kediri, koranmemo.com – Pemkab Kediri melalui Dinas Perikanan Kabupaten  Kediri, selama dua hari menggelar Kediri Lokal Koi Show ke- 4 2018. Kegiatan dimulai Sabtu (29/9) dan berakhir Minggu (30/9) . Secara umum lomba ini dipusatkan di depo ikan Koi di Desa Pranggang Kecamatan Plosoklatenl.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Dinas Perikanan Kabupaten Kediri dengan Kediri Koi Club (KKC). Adapun tujuan untuk lomba ini mempromosikan ikan Koi lokal Kediri agar lebih dikenal secara luas di Indonesia. Karena kualitas ikan koi di Kabupaten Kediri sudah tidak diragukan lagi.

Disisi lain, arena kompetisi ikan koi secara kualitas sangat istimewa sehingga nilai ekonomis ikan koi akan meningkat. Tahun ini lokal kediri show diikuti oleh 629 ikan yang berasal dari pembudidaya koi di Kabupaten Kediri dan tahun ini  merupakan peserta terbanyak di tingkat lokal.

Nur Chafid Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri mengatakan, untuk jumlah peserta di tahun ini meningkat tajam. Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya jumlah peserta hanya sekitar 400 ekor. Jumlah peserta meningkat dan kualitas ikan sangat bagus. Karenanya perlu ditingkatkan pemberdayaan ikan koi dan persiapan untuk lomba nasional.

“Seperti biasanya untuk juri kita datangkan dari  Surabaya, Blitar dan Kediri dan benar-benar berkompeten di bidangnya. Tim juri ini sudah memiliki sertifikat juri nasional untuk ikan Koi. Sehingga mereka dengan seksama,cermat dan teliti dalam menilai kualitas ikan Koi yang dilombakan,” jelasnya.

Chafid menambahkan,dari hasil penjurian didapatkan hasilnya kejuaraan adalah, Pujiono dari desa Kunjang  memperoleh Grand Champion di Kediri Lokal Koi Show ke 4 ini.Untuk kategori juara umum  Dedy dari Banyu Biru Desa/Kecamatan Kandat.

“Kami berharap untuk pembudidaya  ikan Koi agar  meningkatkan kualitas ikannya. Sehingga nantinya ada peningkatan nilai ekonomis ikan koi, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan pembudidaya ikan koi di Kabupaten Kediri.” (adv)

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date