DPU-PR Rombak Design Proyek Tugu Kartonyono

Ngawi, koranmemo.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Ngawi akan merubah design proyek bangunan Tugu Kartonyono yang sebelumnya ada manusia purba menjadi tidak ada.

“Jadi ada perubahan design pada tugu yang sebelumnya telah terkonsep lewat sayembara yang dilaksanakan 2017 lalu. Itu dilakukan untuk menghindari salah persepsi warga,” kata Kabid Tata Bangunan dan Tata Ruang  DPUPR, Noor Hasan Muntaha.

Menurutnya, pengurangan item bangunan itu telah melalui pertimbangan yang cukup panjang. Setelah menerima banyak masukan dari berbagai pihak, termasuk warga Ngawi.

“Meski ada perubahan tapi substansi tugunya tidak berubah. Sebab ikon utama berupa gading raksasa berwarna emas yang ditopang oleh enam gading putih tetap dibangun. Ini sudah disetujui Pak Bupati,” terangnya.

Sedangkan pembangunan, jelasnya, dibutuhkan waktu sekitar enam bulan sejak tanda tangan kontrak pekerjaan dilakukan. Dia mengatakan, jika struktur bangunan tugu tersebut akan disusun dengan bahan stainless.

Ditambah dengan permainan warna tertentu, dan ukiran sejarah Ngawi. “Di sekitar tugu juga ada landscape untuk memperindah tugu dipadukan dengan mechanical electrical. Sehingga mempercantik bangunan di perempatan Kartonyono,” tuturnya.

Dia menambahkan, besaran anggaran yang dibutuhkan cukup besar, namun belum dipastikan. Sebab, akan ada penyesuaian di badan jalan sekitar pembangunan tugu. Anggaran memperhitungkan dampak penyesuaian jalan tersebut. “Anggarannya sekitar Rp 3 milliar. Ada penyesuaian di beberapa bagian jalan sekitar lingkar Kartonyono, termasuk pengeprasan batas jalan untuk pemasangan rambu-rambu,” tambahnya.

Reporter: Dika Abdillah

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.