DPRD Sidoarjo: Pungut Biaya Bimbel, Guru akan Ditipiring

Share this :

Sidoarjo, koranmemo.com – Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Sidoarjo akhirnya memberikan 3 keputusan atau regulasi terkait adanya dugaan pungutan liar di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang ada di Sidoarjo.

Ketua komisi D DPRD Sidoarjo H.Usman menyatakan, sesuai dengan regulasi Perda nomer 7 tahun 2017 tentang pendidikan gratis. “Segala bentuk bimbingan belajar atau les yang dilakukan pihak sekolah dilarang adanya pungutan biaya,” tegas H. Usman saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jum’at (5/1/2018)

Dikatakannya, regulasi ini akan kita tegakkan, jika masih tetap dan terbukti adanya pungutan di bimbingan belajar pada sekolah tersebut, maka akan dikenakan pasal Tindak Pidana Ringan (Tipiring).  “Ini untuk kebaikan bersama,” cetusnya.

Terkait adanya biaya investasi, dalam hal ini pengadaan komputer, pihaknya menegaskan hal itu merupakan kewajiban pemerintah untuk memenuhinya.

“Sehingga tidak dibenarkan, ada urunan dari wali murid untuk pengadaan laptop atau komputer. Jangan sampai ada pungutan untuk beli laptop atau komputer dalam rangka UNBK, ini sudah melanggar aturan,” jelasnya.

Sedangkan rekomendasi terakhir adalah larangan studi tour yang biayanya dibebankan kepada wali murid.“Jika study tour nya gratis, ya boleh boleh saja,” tutup Usman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo Mustain Baladan, menegaskan akan patuh dengan aturan yang ada.”Jika memang dilarang, adanya urunan untuk laptop dan biaya Bimbel, maka akan kami hentikan,” tungkasnya.

Sebelumnya, Komisi D DPRD Kab. Sidoarjo bersikap tegas melakukan klarifikasi, yakni dengan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah SMPN se Sidoarjo, Dinas Pendidikan, Inspektorat, Bagian Hukum Pemkab, Tim Saber Pungli Polresta Sidoarjo dan perwakilan dari orang tua atau wali di Gedung pada  Kamis (4/1/2018).

Hal ini terkait adanya laporan salah satu wali murid dengan adanya dugaan pungutan liar di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang ada di Sidoarjo.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz