Dovizioso Gagal Finis, Marquez Juara Dunia MotoGP 2017

Valencia , koranmemo.com- Marc Marquez akhirnya merebut gelar juara dunia MotoGP 2017 setelah sang rival, Andrea Dovizioso (Ducati) terjatuh dan gagal finis pada balapan penentuan di Valencia, Spanyol, Minggu (12/11/2017) malam.

Pembalap Ducati Dovizioso yang ditargetkan harus menang untuk menjaga peluang juara malah terjatuh 6 lap terakhir dari total  30 lap.

Meski hanya finis di tempat ketiga, namun itu sudah cukup bagi Marquez untuk memastikan diri menyabet gelar juara dunia MotoGP keempat kalinya.

Balapan di Valencia ini dimenangkan Dani Pedrosa, setelah melibas pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco.

Tanda-tanda Marquez menjadi juara dunia tampaknya sudah tampak saat pembalap Repsol Honda  yang memulai balapan dari pole position ini melakukan start sempurna.

Dia langsung memimpin jalannya balapan. Diikuti rekan setimnya, Dani Pedrosa. Yang begitu setia menjaga jarak.

Di belakang mereka ada Johann Zarco yang menyalip Andrea Iannone di tikungan 11. Andrea Dovizioso melesat dari grid kesembilan ke posisi keenam di belakang Jorge Lorenzo.

Kemudian Zarco bisa menyalip Pedrosa lewat manuver brilian di tikungan untuk menempati posisi kedua. Lorenzo juga menyalip Iannone. Iannone lalu dilewati Dovizioso.

Zarco terus memburu Marquez. Berikutnya Zarco dan Marquez terlibat duel seru hingga sempat bergantian memimpin balapan.

Sementara Divizioso tampaknya semakin tertinggal dari grup paling depan yakni Zarco, Marquez dan Dani Pedrosa. Dovi yang berada di posisi kelima semakin kehabisan tenaga karena diblokir Lorenzo

Meski 3 pembalap yang berada di grup terdepan kian menjauh,  Lorenzo tak memberi cela sedikit pun Dovizioso.

Ducati pun sempat mengirim pesan ‘Mapping 8’ kepada Lorenzo. Saat menerima kode team order tersebut di Sepang, tak lama kemudian Lorenzo memberikan jalan kepada Dovizioso. Namun kali ini Lorenzo tak mengalah kepada Dovizioso.

Lorenzo sama sekali tak memberi sinyal akan melambat. Melihat hal itu, Ducati kembali mengirim pesan kepada Lorenzo, bukan cuma di dashboard tapi juga di pit board. Tapi Lorenzo masih bergeming.

Hingga akhirnya Lorenzo malah tergelincir dan tidak bisa melanjutkan balapan. Sebenarnya ini peluang bagi Dovi, namun sayang sesaat kemudian Dovi yang sudah dibuat tak berdaya oleh Lorenzo juga terjatuh dan gagal finis.

Dengan demikian, gelar juara dunia MotoGP 2017 dipastikan menjadi milik Marquez meski hanya finis ketiga karena sempat melebar. Pedrosa yang sejak awal setia mengawal Marquez akhirnya menyalip Zarco karena melihat situasi Marquez sudah aman. Dan Pedrosa menjadi pemenangnya.

Dari Berbagai Sumber

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.