DKLH Kota Kediri siapkan 12 Milyar Masalah Sampah

Kediri, Koranmemo.com – Rp. 12 Milyar disiapkan Pemerintah Kota Kediri untuk pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) baru atau yang ketiga setelah dua TPA sudah melebih kapasitas volume sampah di kota Kediri.

“ Tahun ini dua TPA sudah penuh volumenya utk menampung sampah , solusinya pemkot kediri berencana membangun TPA ketiga ditahun 2019.” Kata Didik Catur Kepala DLHKP Kota Kediri, Senin (14/01/2019).

Lanjut Didik Catur, sampah dari berbagai tempat di kota Kediri setiap harinya mencapai sekitar 145 ton. Volume tersebut diperkirakan overload, jika dibandingkan dengan kapasitas TPA yang ada sekarang. Pemkot berencana untuk membangun TPA ke tiga dan ini sudah dianggarkan APBD di tahun anggaran 2019. Lokasi TPA baru ini rencanya di wilayah Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Untuk luas lahan TPA ke tiga , Pemkot Kediri menyiapkan 1 dimana di TPA ini nanti masih juga menggunakan sistem “sanitary renville” untuk menerapkan sistem penangangan sampah terpadu serta juga akan menggunakan mesin conveyor sampah yang berfungsi untuk memperlambat TPA penuh.

“ Sudah dianggarkan di APBD , juga lahan yang dibutuhkan 1 hektar sudah sesuai dengan RTRW. Untuk TPA baru ini, kita akan kombinasikan pemilahan sampah dengan skala mesin coveyor sampah, fungsinya memperlambat TPA penuh dan usia TPA kedepan,” Kata Didik Catur.

Kepala DLHKP Kota Kediri menambahkan dengan tehnik baru, umur TPA bisa sampai tiga tahun untuk bisa melebihi kapasitas sampah. Namun, Pemkot juga mempunyai terobosan baru menjalin kerjasama dengan pemerintah kabupaten untuk TPA regional. Pembuatan TPA Regional danya bisa diajukan ke pemerintah pusat, saat ini Pemkot Kediri secara intensif berkordinasi dengan Pemkab Kediri untuk melakukan komunikasi dengan Pemerintah Jatim(Adv)

Editor : Bambang Iswahyoedhi

Follow Untuk Berita Up to Date